get app
inews
Aa Read Next : Panas Dalam Menyerang Siapa Saja! Yuk Lakukan 4 Cara ini untuk Mengobati ataupun Pencegahan

Tau Ubi Jalar? Simak Segudang Kebaikan Yang Terkandung Untuk Kesehatan, Dari Usus Hingga Otak Anda

Rabu, 24 April 2024 | 11:37 WIB
header img

SERANG, iNewsBanten - Ubi jalar memang memiliki tampilan visual yang tidak terlalu menarik dipandang mata. Namun, jangan salah, ubi jalar masuk jadi salah satu jenis makanan yang bergizi.

Makanan yang masuk ke dalam kategori jenis sayuran umbi manis dan contoh dari sayuran akar ini, kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan juga serat. Tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaat detail ubi jalar yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh ketika dikonsumsi? Menukil Healthline, Sabtu (26/11/2022) mari simak paparannya berikut ini.

1. Bergizi tinggi: Karena sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik. Per 200 gram ubi jalar panggang dengan kulit mengandung 180 kalori, dan juga karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin C, Magnesium, Vitamin B6, kalium, niacin, dan lainnya. Ubi jalar berwarna oranye dan ungu mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu peradangan yang dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan.

2. Bantu tingkatkan kesehatan usus: Kandungan serat dan antioksidan dalam ubi jalar bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus. Ubi jalar mengandung dua jenis serat, yakni larut dan tidak larut. Jenis serat larut tertentu (serat kental) bisa menyerap air dan melunakkan feses. Beberapa serat larut dan tidak larut ini juga bisa difermentasi oleh bakteri di usus besar, menghasilkan senyawa asam lemak rantai pendek yang memberi bahan bakar pada sel lapisan usus dan menjaga agar usus tetap sehat dan kuat. Antioksidan dalam ubi juga dapat memberikan manfaat bagi usus.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut