get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Kecurangan Pemilu, Ribuan Masa di Gedung DPR Jakarta Desak Hak Angket Digulirkan

DPR Minta Pemerintah Kaji Vaksinasi Booster Covid 19 Untuk Anak 6 - 15 Tahun

Kamis, 04 Agustus 2022 | 14:58 WIB
header img
Ilustrasi Vaksinasi Booster (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsBanten - DPR mendorong pemerintah untuk melakukan kajian pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster bagi anak-anak berusia 6-15 tahun. Dorongan itu didasari tren kasus Covid-19 meningkat.

“Upaya pemberian vaksin booster bagi anak usia 16-18 tahun sudah baik, namun DPR meminta pemerintah juga mengkaji pemberian booster untuk anak dengan rentang usia 6-15 tahun mengingat saat ini anak-anak sudah aktif kembali bersekolah dan adanya kenaikan kasus Covid-19,” kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani, Rabu (3/7/2022).

Baginya, vaksinasi booster perlu diberikan pada anak-anak. Itu ditujukan untuk menambah tingkat perlindungan terhadap Covid-19. Apalagi, belakangan waktu terakhir telah ditemukan kasus Covid-19 di lingkungan sekolah.

“Meskipun protokol kesehatan ketat telah diterapkan selama pembelajaran tatap muka, potensi penyebaran Covid-19 tetap ada. Oleh karenanya, kekebalan anak usia sekolah patut dipertimbangkan untuk diberikan booster,” ucap Puan.

Diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberi lampu hijau pemberian vaksin Covid-19 booster pada anak-anak berusia 16-18 tahun menggunakan vaksin Pfizer atau Comirnaty. Pengetatan vaksinasi anak dosis I dan II juga telah dilakukan.

Kendati demikian, Puan mengingatkan anak-anak dengan usia 6-15 tahun juga memiliki kerentanan terhadap serangan Covid-19. Dia berharap, Indonesia dapat berkaca dari Singapura yang akan memberikan vaksinasi booster bagi anak usia 5-11 tahun.

“Bahkan, Singapura juga menargetkan vaksinasi untuk anak-anak berusia 6 bulan ke atas menjelang akhir tahun ini. Indonesia juga perlu mempercepat pengkajian hal yang sama karena saat ini balita adalah kelompok terakhir yang belum terlindungi oleh vaksin Covid-19,” kata Puan.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut