get app
inews
Aa Read Next : Tips Agar CVT Motor Matic Anda Awet! Salah Satunya Bersihkan CVT Minimal 12.000 Km

5 Tips Merawat Rem Tromol Sepeda Motor, Jangan Disepelekan!

Kamis, 25 April 2024 | 18:08 WIB
header img
5 Tips Merawat Rem Tromol Sepeda Motor, Jangan Disepelekan! (ist)

Cek kondisi bearing roda

Selain itu, cara merawat rem tromol agar tetap awet dan pakem adalah dengan merawat kondisi bearing roda. Jika bearing roda yang sudah tidak pas maka memicu kampas rem tromol menjadi kurang rata.

Oleh sebab itu, sempatkan untuk memeriksa bearing roda secara berkala atau saat sedang membongkar roda belakang. Bila perlu memberikan grease/minyak gemuk pada bearing roda agar putaran roda menjadi lancar.

Kampas rem

Selanjutnya, lakukan pemeriksaan ukuran ketebalan kampas rem dengan melihat tanda indikator keausan rem “” (segitiga) pada tangkai rem di tutup tromol.

Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan atau menipis, maka Anda harus mengganti dengan yang baru dan disarankan mengganti dengan satu set sepatu rem secara lengkap.

Bersihkan usai terkena hujan

Ketika musim hujan, air yang bercampur dengan kotoran atau pasir dan debu akan masuk ke sela-sela di bagian as roda. Hal itu berpengaruh pada kualitas pengereman.

Jika kondisi itu dibiarkan akan merusak atau mengurangi kepakeman rem atau menimbulkan suara berderit saat rem digunakan.

Untuk itu, segera siram atau bilas sepeda motor dengan air bersih setelah dipakai saat hujan atau seusai melintasi jalanan yang becek.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut