get app
inews
Aa Read Next : Memancing Ikan Untuk Melatih Kesabaran!

3 Ikan Air Laut Dengan Kolesterol Rendah, Enak Dan Banyak Manfaat

Kamis, 11 Juli 2024 | 08:37 WIB
header img
Berikut tiga ikan air laut dengan kolesterol rendah

SERANG, iNewsBanten -  Sedikitnya ada tiga ikan air laut dengan kolesterol rendah yang perlu diketahui. Kolesterol bisa diartikan sebagai zat sejenis lemak yang diproduksi oleh organ hati. Dengan bentuknya yang menyerupai lemak, kolesterol ini tidak bisa larut dalam air. Dia mengalir ke seluruh tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein. Kadar kolesterol yang tinggi pada seseorang bisa diakibatkan berbagai faktor. Salah satunya adalah asupan makanan sehari-harinya. Terkadang, sebagian orang menganggap bahwa beberapa ikan mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ada juga beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan kolesterol rendah.

Berikut tiga ikan air laut dengan kolesterol rendah yang perlu diketahui :

1. Ikan Salmon

Ikan Salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang cukup digemari masyarakat. Selain memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, salmon juga termasuk Ikan rendah kolesterol. Dikutip dari laman Live Strong, Ahli diet dan Gizi di Lenox Hill Hospital Samantha Gitlin, RD, CDN menyebut bahwa ikan salmon bisa membantu kesehatan jantung secara keseluruhan. Tidak hanya rendah lemak jenuh dan kolesterol, ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin B12. Adapun jenis ikan ini menjadi sumber makanan omega 3 terbaik diantara lainnya.

2. Ikan Tuna

Ikan air laut dengan kolesterol rendah berikutnya adalah ikan tuna. Dikutip dari SFgate, 3 ons tuna sirip biru panggang memiliki sekitar 10,5 gram lemak. Jangan salah paham dulu, karena dari besaran tersebut hanya 2,7 gram yang menjadi lemak jenuh. Sisanya adalah lemak tak jenuh yang sehat termasuk 3 gram asam lemak omega 3. Selain itu, ikan tuna juga dapat mengurangi kadar trigliserida hingga 20 sampai 50 persen. Tingkat trigliserida yang rendah akan membuat kadar HDL naik sehingga mengurangi risiko munculnya plak yang bisa menyumbat arteri.

3. Ikan Teri

Selain rasanya yang enak, ikan teri juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Dikutip dari Health Benefit, jenis ikan ini terdiri dari sejumlah besar lemak tak jenuh ganda yang bisa mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Selain itu, ada juga kandungan asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam jumlah besar. Hal ini bisa menghilangkan kolesterol jahat dan mencegahnya membentuk plak di dinding arteri.

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut