JAKARTA, iNewsBanten - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng 5 desainer muda untuk mempromosikan destinasi super prioritas Indonesia. Para desainer muda ini adalah pemenang di ajang kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge: Destinasi Ter-Indonesia Lo!.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan peran anak muda, khususnya di sektor desain kreatif sangat penting. Pasalnya di tangan anak-anak muda kreatif inilah promosi pariwisata dilanjutkan di masa depan.
"Kampanye program KitKat Breakreasi Design Challenge mendukung pariwisata. Kampanye ini menghadirkan desain-desain destinasi pariwisata sekaligus turut mendukung sektor kreatif dengan melibatkan dan memotivasi desainer-desainer untuk berkarya dan berinovasi dalam membantu membangkitkan pariwisata Indonesia," kata Menparekraf melalui keterangan pers, Minggu (21/8/2022).
Kelima desainer muda ini terlibat membuat kemasan spesial untuk Borobudur, Mandalika Likupang, Danau Toba, serta Bali. Mereka adalah Galang Dwiki Setya Mulyadi asal Bandung, Iwan Nugraha asal Bandung, Maria Magdalena Adinda P asal Yogyakarta, Jacqueline Emanuella asal Bandung, dan Irdina Junaida asal Kediri. Kelima desainer muda ini juga dinilai memiliki keistimewaan dalam mendesain dan diakui para juri yakni Hari Prast selaku Ilustrator, Olivia Valen selaku Digital Creator dan Aprilia selaku Ilustrator.
Diketahui kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge: Destinasi Ter-Indonesia Lo! bersama Kemenparekraf sudah diadakan sejak Maret hingga April 2022 lalu. Kompetisi ini sebagai salah satu wujud implementasi program kemitraan co-branding Wonderful Indonesia yang diharapkan dapat menarik para wisatawan untuk berlibur ke destinasi super prioritas Indonesia.
Ditambahkan Presiden Direktur PT Nestle Indonesia Ganesan Ampalavanar kompetisi desain ini bertujuan mendukung pariwisata Indonesia agar lebih dikenal dunia. Kompetisi sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap ekonomi kreatif serta UMKM di Tanah Air.
“Sebagai perusahaan yang telah beroperasi lebih dari 50 tahun di Indonesia, kami terus berkomitmen untuk berinvestasi di sini, dan turut mendukung ekonomi kreatif UMKM di Indonesia, salah satunya dengan berkolaborasi bersama Kemenparekraf di bawah payung co-branding Wonderful Indonesia. Kami berharap kegiatan ini dapat mendukung para pelaku industri kreatif, menghargai karya desainer muda, dan sekaligus menunjukkan rasa bangga pada pariwisata Indonesia,” ujar Ganesan.
Editor : Mahesa Apriandi