Logo Network
Network

Kisah Taipan China Berharta Rp120 Triliun, Dulu Pernah Tak Bisa Beli Makanan dan Pakaian

Ikhsan Permana SP
.
Selasa, 20 Februari 2024 | 00:52 WIB
Kisah Taipan China Berharta Rp120 Triliun, Dulu Pernah Tak Bisa Beli Makanan dan Pakaian
Kisah Taipan China berharta Rp120 triliun, dulu pernah tak bisa beli makanan dan pakaian. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

BEIJING, iNewsBanten - Zong Qinghou merupakan salah satu miliarder di China. Menurut data Real Time Billionaires Forbes, kekayaannya mencapai 8,1 miliar dolar AS atau setara Rp120,5 triliun. 

Dia merupakan salah satu konglomerat yang berasal dari rakyat jelata. Ketika Zong berusia 42 tahun, dia mencari nafkah dengan menjual minuman ringan dan es loli kepada anak-anak sekolah. Penghasilannya sekitar 8 dolar AS per bulan atau kurang dari sepertiga dari upah rata-rata orang China pada saat itu. 

Zong bahkan pernah mengalami masa sulit, di mana dia bangkrut dan tidur di terowongan di bawah jalanan Beijing. Namun, dengan usaha kerasnya, dia berhasil mendirikan Wahana Group, salah satu perusahaan minuman terbesar di China, yang menjual air kemasan, minuman ringan, teh botol, dan susu. 

"Untuk waktu yang lama, saya bahkan tidak mampu membeli makanan dan pakaian. Saya naik dari masyarakat paling bawah," kata dia, dikutip dari Washington Post, Senin (22/8/2022).

Kisahnya dari miskin menjadi kaya luar biasa karena cara dia berkembang di tengah penggabungan kapitalisme dan komunisme China yang tampaknya mustahil. Zong, yang tidak bersekolah di sekolah menengah, tinggal di sebuah komune pertanian sejak 1964 hingga 1978 selama Revolusi Kebudayaan Mao Zedong. 

Follow Berita iNews Banten di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini