get app
inews
Aa Read Next : Dikabarkan Hilang Sejak Malam Takbir, Bocah Ditemukan Tewas di Sungai Ciujung Kabupaten Serang

Nelayan Kampung Wadassari Serang Terpaksa Tak Melaut Lantaran Mahalnya Biaya Oprasional

Jum'at, 09 September 2022 | 09:31 WIB
header img
Nelayan Kampung Wadassari, Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang, terpaksa tak melaut lantaran tak kuat menanggung biaya operasional yang melambung akibat harga solar naik.

SERANG, iNewsBanten - Ratusan nelayan di Kampung Wadassari Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang memilih tak melaut, berharap pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar. Kenaikan harga solar saat ini membuat hidup mereka semakin sulit lantaran tak bisa melaut.

Salah satu nelayan Wadassari Mang Dul mengungkapkan, Selain bekal untuk nelayan dan Oprasiional naik, BBM jenis solar juga sulit didapatkan. Kalaupun ada, solar yang tersedia habis dalam waktu cepat. Para nelayan harus berebut untuk mendapatkan solar yang harganya kini melambung

Akibatnya, banyak nelayan di Wadasari memilih tidak mencari ikan. Selain biaya operasional yang melambung, cuaca saat ini sedang tidak bersahabat, membuat mereka berpikir dua kali untuk mengais rezeki di laut.

Ombak besar setinggi 1 hingga 2 meter mengancam keselamatan mereka. Jika kondisi ini terus berlangsung, tak menutup kemungkinan para nelayan di Kabupaten Serang akan jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem.

"Saat ini, para nelayan mengisi waktu dengan memperbaiki perahu dan alat tangkap mereka. Biaya operasional sekarang tinggi. Sementara pendapatan tidak bisa menutupi biaya hidup kami selama di laut, kata Mang Dul nelayan Wadassari

Lanjut Mang Dul menyatakan, sebelum BBM naik pun, kehidupan nelayan kecil sudah terpuruk akibat pandemi selama dua tahun. Kenaikan harga BBM semakin menambah beban berat hidup mereka.

"Hasil tangkapan ikan sedikit, BBM naik. Hidup kami, khususnya nelayan kecil, semakin berat. Kami berharap pemerintah menurunkan harga BBM jenis solar, minimal khusus buat nelayan kecil seperti kami," ujar Mang Dul

 

 

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut