get app
inews
Aa Read Next : Lantik Pengurus PWI Lebak 2022-2025, Bupati Minta Media Sajikan Berita Edukasi pada Masyarakat

2 Tokoh Indonesia yang Pernah Masuk Nominasi Nobel Prize, Siapa Saja Mereka?

Minggu, 25 September 2022 | 09:19 WIB
header img
2 tokoh Indonesia yang pernah masuk nominasi Nobel Prize/Geotimes

JAKARTA, iNewsBanten - Nobel Prize adalah penghargaan yang dianugerahkan kepada seorang yang sudah melakukan penelitian luar biasa, menemukan teknik atau peralatan baru, hingga melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat.

Penghargaan ini tentu tidak mudah diraih, apalagi daftar nominasi kebanyakan merupakan tokoh dan ilmuwan hebat yang berasal dari berbagai negara.

Tokoh Indonesia pernah masuk dalam daftar nominasi Hadiah Nobel. Berikut tokoh Indonesia yang pernah menjadi nominator Nobel Prize.

1. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Presiden keenam Indonesia ini sempat menjadi kandidat penerima Nobel Perdamaian pada tahun 2006.

Namanya masuk ke dalam daftar setelah berhasil melakukan perdamaian antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM)

Komite Nobel Swedia menilai penandatangan kesepakatan damai yang dilakukan di Helsinki pada pertengahan Agustus 2005 dinilai sebagai prestasi cemerlang.

Penandatanganan damai tersebut terjadi ketika upaya damai yang tengah diupayakan di belahan dunia lain, seperti di Timur Tengah dan Sri Lanka justru berjalan di tempat. 

Sayang, SBY gagal meraih Nobel Prize. Peraih Hadiah Nobel 2006 itu adalah mantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari selaku Ketua Dewan Direktur Crisis Management Initiative (CMI) yang memfasilitasi perundingan perdamaian antara RI dan GAM.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut