Logo Network
Network

Tahukah Anda? Mengapa Mesin Bus Tidak Dimatikan Saat Mengisi BBM, Apa Tidak Bahaya

Fadli Ramdan
.
Jum'at, 18 November 2022 | 17:04 WIB
Tahukah Anda? Mengapa Mesin Bus Tidak Dimatikan Saat Mengisi BBM, Apa Tidak Bahaya
Pengisian BBM Bus (ist)

SERANG, iNewsBanten - Pernakah kamu berpikir kenapa bus jarang matikan mesin ketika isi bahan bakar minyak (BBM)? Kira-kira apa alasannya?

Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan mengungkapkan beberapa alasan mengapa bus tidak mematikan mesin saat mengisi BBM, terutama bus AC. Menurutnya, bus yang menggunakan BBM jenis solar jauh lebih aman dibandingkan mobil bensin.

“Alasan yang paling umum itu agar penumpang tidak engap. Kalau bus AC dimatikan mesinnya, otomatis AC juga dimatikan, meski hanya 30 menit pasti akan terasa panas dan engap di dalam kabin,” kata pria yang akrab disapa Sani itu saat dihubingi MNC Portal.

“Berbeda dengan bus yang tidak menggunakan AC. Biasanya busnya ada jendela yang bisa dibuka jadi udara bisa masuk. Kalau bis AC jendelanya tertutup semua. Intinya ini untuk kenyamanan penumpang.”

Untuk risiko terjadinya kebakaran, Sani juga merasa mesin bus yang menyala sangat kecil kemungkinannya untuk menjadi pemicu penyebab kebakaran. Ada bebeberapa hal yang memperkuat itu, tapi Sani juga tak mengatakan tak bisa terjadi kebakaran.

“Bus ini kan menggunakan mesin diesel yang cara kerjanya itu memanfaatkan tekanan udara, berbeda dengan mobil bensin yang menggunakan pemantik api. Jadi, menurut saya ini lebih aman saat mesin tidak dimatikan,” ujar Sani.

Follow Berita iNews Banten di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini