Logo Network
Network

Simak ada 5 Stadion Terburuk di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia

ezha herdanu
.
Senin, 10 Oktober 2022 | 04:46 WIB
Simak ada 5 Stadion Terburuk di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia
stadion benteng tangerang imdonesia (foto: fifa.com)

SERANG, iNewsBanten - Fasilitas pertandingan sepak bola salah satunya stadion, namun masih ada stadion yang terburuk di Dunia masih saja tersebar di beberapa negara, meski pada saat ini perkembangan industri sepakbola semakin maju. Padahal, stadion merupakan salah satu unsur penting dalam perkembangan industri sepakbola.

Sejauh ini sudah terdapat begitu banyak stadion-stadion megah nan mewah yang tersebar di seluruh dunia. Akan tetapi terdapat pula setidaknya lima stadion yang masuk dalam kategori terburuk di dunia.

Berikut lima stadion terburuk di dunia:

5. Ninh Binh Stadium (Vietnam)

Ninh Binh Stadium

Vietnam boleh bangga dengan prestasi sepakbola mereka yang bisa dikatakan cukup mengesankan untuk ukuran negara asal Asia Tenggara. Namun di luar dari prestasi membanggakan tim nasional mereka, Vietnam nyatanya memiliki kekurangan dalam hal pemerataan infrastruktur sepakbola.

Itu terbukti dengan munculnya nama Ninh Binh Stadium dalam daftar ini. Ya, Ninh Binh Stadium masih sebagai salah satu stadion terburuk di dunia, lantaran fasilitasnya benar-benar mengecewakan. Bahkan dinilai tidak layak untuk menggelar sebuah pertandingan sepakbola resmi

4. Arena Pernambuco (Brasil)

Arena Pernambuco

Brasil memang surganya sepakbola, mengingat banyak pemain besar yang lahir di sana. Selain itu pemerintah Brasil juga memanjakan penggemar sepakbola dengan membangun sejumlah stadion mewah di beberapa daerah, salah satunya adalah Arena Pernambuco.

Stadion yang terletak di Sao Lourenco tersebut sejatinya memiliki fasilitas yang mumpuni dengan kapasitas cukup besar. Namun kekurangannya adalah buruknya penyerapan air kala hujan lebat. Hal itu membuat lapangan di Arena Pernambuco tergenang setiap laga yang berjalan kala hujan. Selain itu, Arena Pernambuco juga terletak di daerah rawan kriminalitas.

3. Lluis Sitjar Stadium (Spanyol)

Lluis Sitjar Stadium

Spanyol merupakan salah satu negara dengan perkembangan sepakbola yang luar biasa. Itu terbukti dengan banyaknya stadion mewah nan megah di Negeri Matador tersebut. Namun terdapat satu stadion yang bisa mencoreng nama besar Spanyol, yakni Lluis Sitjar Stadium.

Ya, Lluis Sitjar Stadium awalnya adalah kandang dari peserta Liga Spanyol, Real Mallorca, yang diresmikan sejak 1945. Namun keputusan Mallorca mencari kandang baru pada 1999 jadi awal kehancuran Lluis Sitjar Stadium. Bahkan saat ini, Lluis Sitjar Stadium benar-benar tidak terawat dan jauh untuk bisa layak menggelar sebuah pertandingan sepakbola.

2. Mbombela Stadium (Afrika Selatan)

Mbomble Stadium

Mbombela Stadium merupakan salah satu stadion yang digunakan dalam gelaran Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Jika melihat tampilannya, Mbombela Stadium bisa masuk dalam kategori sebagai salah satu stadion terbesar di dunia.

Akan tetapi yang menjadi persoalannya adalah kontroversi dalam izin pembangunan Mbombela Stadium. Pasalnya, pembangunan stadion ini dengan menggunakan izin pembangunan sekolah dan perumahan. Hal itu membuat status Mbombela Stadium menjadi sengketa.

1. Stadion Benteng (Indonesia)

Stadion Benteng

Indonesia memang salah satu negara dengan pecinta sepakbola terbesar di dunia. Namun sayang, hal tersebut tidak dibarengi dengan kebijakan pemerintah soal membangun fasilitas sepakbola berstandar internasional.

Hal tersebut terbukti dengan munculnya Stadion Benteng sebagai pemuncak daftar ini. Jika melihat apa yang ada di dalam Stadion Benteng, memang tidak mengherankan jika stadion ini jauh dari kata layak untuk menggelar pertandingan sepakbola.

 

https://bola.okezone.com/read/2021/05/11/51/2408970/5-stadion-terburuk-di-dunia-nomor-1-dari-indonesia

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News

Bagikan Artikel Ini