get app
inews
Aa Read Next : Pelajar SMA Tewas Akibat Tabrak Truk yang Terparkir di Bahu Jalan Lingkar Ciwandan Cilegon

Prestasi Luar Biasa Dari Siswi Madrasah Aliyah , Lakukan Penelitian Sayap Lalat Sebagai Antikanker

Senin, 23 Januari 2023 | 18:23 WIB
header img
Lakukan penelitian dari sayap lalat untuk obat antikanker (ist)

SERANG, iNewsBanten - Nabilah Husniyyah, siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tasikmalaya, Jawa Barat, memberikan prestasi luar biasa gemilang. Pelajar cerdas ini mampu meneliti sayap lalat sebagai antikanker.

Ternyata ada fakta-fakta menarik di balik penelitian Nabilah Husniyyah ini. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya, sebagaimana telah Okezone himpun.

1. Menemukan manfaat sayap lalat

Siswi genius ini mampu meneliti sayap lalat menjadi antikanker. Nabilah meneliti manfaat sayap lalat dalam riset berjudul 'Profiliing dan Docking Senyawa Kandidat Antikanker dari Sayap Kanan Lalat melalui Karakteristik GC-MS'.

Hasil riset ini meraih Juara II Madrasah Young Reasercher Supercamp (Myres) 2022 untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) Bidang Matematika Sains dan Pengembangan Teknologi.

2. Terinspirasi hadis Nabi

Nabilah menerangkan, penelitian sayap lalat ini terinspirasi dari salah satu hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tentang lalat.

Pesan dalam hadis itu, "Apabila seekor lalat hinggap di tempat minum salah seorang dari kalian, hendaknya ia mencelupkan ke dalam minuman tersebut kemudian membuangnya karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya terdapat penawarnya." (HR Bukhari)

"Awalnya saya terinspirasi hadis tersebut. Karena penasaran, saya melakukan penelitian ini," kata Nabilah di ajang Myres 2022 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu 12 Oktober 2022, dikutip dari Kemenag.go.id.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut