get app
inews
Aa Read Next : Sering Mencampur Bahan Bakar di Kendaraan Anda? Simak 6 Tips Berikut ini Agar Mobil Anda Lebih Awet

Berikut 5 Transportasi Lawas Indonesia yang Kini tinggal Kenangan, Nomor 1 Paling Lawas

Jum'at, 04 November 2022 | 05:47 WIB
header img
Transportasi lawas Indonesia yang kini tinggal kenangan, Trem (Foto: Getty Images)

SERANG, iNewsBanten - Ada beberapa transportasi lawas Indonesia yang kini tinggal kenangan dan bisa dibilang sudah punah. Kemajuan zaman yang mengalami perubahan pesat juga mempengaruhi berbagai transformasi sarana transportasi.

Kendaraan-kendaraan umum yang dulu menjadi sangat ikonik di berbagai kota atau daerah di Indonesia kini sudah tidak terlihat lagi. Angkutan umum tersebut kini telah digantikan dengan moda transportasi yang jauh lebih modern seperti taxi, bus, kereta, dan berbagai fitur transportasi online.

Berikut 5 transportasi lawas Indonesia yang kini tinggal kenangan, Rabu (19/10/2022)

1. Pedati

Pedati adalah moda transportasi darat tradisional yang kini sudah sangat sulit dijumpai lagi, bahkan di desa-desa. Alat transportasi ini mirip dengan kereta kuda atau delman.

Hanya saja, kereta beroda ini ditarik oleh sapi atau kerbau. Meski fungsi utamanya lebih kepada kendaraan pengangkut seperti material bangunan hingga hasil panen, di daerah-daerah pedati juga dipakai untuk transportasi umum.

2. Trem

Kota-kota besar di Indonesia masa penjajahan Belanda, pernah memiliki trem layaknya negara-negara Eropa.

Pemerintah Hindia Belanda kala itu memang memperkenalkan trem sebagai transportasi umum yang lebih maju daripada delman atau pedati.

Kendaraan ini mirip kereta listrik dan melintas di jalan umum. Tahun 10 April 1899 adalah saat dimana trem generasi terbaru untuk menggantikan trem kuda dan trem uap di Batavia. 

Sebagai sarana angkutan terbaru, trem listrik langsung menjadi primadona. Tak hanya di Jakarta, trem juga sempat menjadi kendaraan modern kota-kota besar seperti Surabaya, Semarang, Solo, hingga Medan .

3. Bemo

Bemo pada dasarnya adalah transportasi pabrikan Jepang, Daihatsu. Bemo muncul dari hasil inovasi akibat sengitnya persaingan dengan Toyota selaku sesama pabrikan otomotif terkemuka. 

Hingga pada tahun 1957, Daihatsu mengeluarkan varian transportasi terbarunya yang dinamakan Daihatsu Midget (kerdil).

Ketika masuk Indonesia, Midget kemudian dikenal sebagai Bemo. Nama Bemo  merupakan singkatan dari Becak Motor yang sebelumnya memang sudah cukup familier di koota-kota besar, khususnya di jalanan Ibukota Jakarta. Namun, Bemo kini tinggal kenangan setelah puluhan tahun menjadi transportasi rakyat.

4. Oplet

Pada sekitar tahun 1970-an, oplet menjadi angkutan umum massal yang sangat populer di sejumlah kota besar, termasuk Jakarta. Kendaraan ini menjadi sangat khas lantaran sampai menjadi salah satu ikon serial ‘Si Doel Anak Sekolahan’.

Sayangnya, keberadaan oplet  tak bertahan lama. Pamor angkutan umum tersebut berangsur-angsur mulai tergantikan oleh mobil angkutan dan bus.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut