get app
inews
Aa Read Next : Tak Paham Prosedur Ruang Terbatas, 4 Pekerja Lemas Terjebak Didalam Sumur Diduga Menghirup Gas

Kemenko PMK: Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bisa Cegah Pekerja Dari Kemiskinan

Selasa, 01 November 2022 | 09:08 WIB
header img
Ilustrasi pekerja (ist)

SERANG, iNewsBanten - Jaminan sosial ketenagakerjaan bisa mencegah pekerja dari kemiskinan ekstrem. Program jaminan sosial ketenagakerjaan akan memberikan rasa aman dan tentunya menjadi mendorong produktivitas para pekerja.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Andie Megantara menjelaskan pentingnya keikutsertaan pekerja pada program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dia mengatakan, dengan disertakan pekerja dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan, maka secara tidak langsung akan turut menjaga stabilitas perekonomian negara. Bahkan, Andie menerangkan dengan ikut sertanya pekerja dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan akan mencegah munculnya keluarga miskin.

"Nilai manfaat yang diterima dari program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat mencegah masyarakat pekerja dan keluarganya jatuh menjadi keluarga miskin baru atau bahkan miskin ekstrem ketika mereka mengalami guncangan ekonomi akibat kecelakaan kerja ataupun krisis ekonomi," jelasnya dalam keterangan tertulis dikutip Selasa (1/11/2022).

Lebih lanjut, Andie menerangkan, pemerintah terus berupaya untuk mewujudkan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang mencakup seluruh pekerja melalui Instruksi Presiden Nomor 02 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut