get app
inews
Aa Read Next : Tingkat Pengangguran Tinggi, Disnakertrans Pandeglang Gelar Job Fair

Tekan Angka Pengangguran, Kemenaker Dorong Pemda Gelar Job Fair

Selasa, 08 November 2022 | 15:33 WIB
header img
Kemnaker mendorong setiap Pemda menyelenggarakan Job Fair untuk menemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBanten - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendorong setiap pemerintah daerah (Pemda) menyelenggarakan Job Fair untuk menemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja. Hal ini bertujuan untuk mengurangi dampak dari pandemi Covid-19 yang menyisakan peningkatan angka pengangguran pada dua tahun terkahir.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kemnaker, Indah Anggoro Putri mengatakan, tingkat pengangguran terbuka (TPT) per Agustus 2022 baru turun sebesar 0,63 persen dibandingkan dengan Agustus 2021.

"Hampir semua dinas tenaga kerja dan dengan dana APBD memiliki program Job Fair, arahan Bu Menteri (Ida Fauziyah) kita dorong Job Fair ini dilakukan secara masif dan semuanya gratis bagi para pencari kerja," ujar Indah dalam konferensi pers Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal III dikutip, Selasa (8/11/2022).

Indah menambahkan, langkah lain untuk mengurangi tingkat pengangguran yang disebabkan oleh pemutusan hubungan kerja (PHK), Kemnaker juga memiliki program Jaminan Kehilangan Pekerjaaan (JKP).

"Ada tiga manfaat, yaitu manfaat yang tunai, pelatihan dan manfaat lowongan kerja. Ini bagi para teman-teman pekerja kita yang terpaksa sudah kena PHK, maka kita dorong untuk ikut JKP," tuturnya.

Dia menyampaikan agar masyarakat jangan hanya mengambil manfaat materil saja berupa uang tunai yang diberikan oleh negara, tetapi diharapkan juga mengikuti pelatihan gratis yang sudah disediakan agar skill atau keterampilan juga meningkat.

"Kita pastikan mereka tidak terlena dengan menerima uang pesangon, tetapi dengan enam bulan maksimal mereka sudah harus dapat pekerjaan baru yang mungkin lebih baik, makanya ada program pelatihan untuk reskiling, up skiling," ucapnya.

Program selanjutnya adalah Kartu Prakerja, yang diharapkan bisa efektif mengurangi tingkat pengangguran yang disebabkan oleh peningkatan jumlah angkatan kerja tahunan. Data per Agustus 2022, jumlah angkatan kerja baru meningkat sebanyak 35 juta orang menjadi 143,73 juta orang.

"Jadi kita sikapi isu PHK ini jangan terlalu panik karena kita ada beberapa upaya semaksimal mungkin," kata dia.

 

Artikel ini sudah tayang di iNews.id dengan judul:http://iNews.id//finance//Kemnaker Dorong Pemda Gelar Job Fair untuk Tekan Angka Pengangguran

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut