get app
inews
Aa Read Next : Tahukah Kalian? Kucing Dapat Tidur hingga 20 Jam Sehari, Berikut Penjelasannya

Ciri-ciri dan Pengertian Hewan Ovovivipar, Ovipar dan Vivipar

Jum'at, 22 Desember 2023 | 04:43 WIB
header img
Ciri-ciri dan Pengertian Hewan Ovovivipar, Ovipar dan Vivipar (foto Istimewa, -)

JAKARTA, iNewsBanten - Berikut 29 contoh hewan ovovivipar, vivipar dan ovipar dipelajari dalam mata pelajaran biologi. Kategori ini merupakan salah satu bentuk perkembang biakan makhluk hidup. Berikut selengkapnya.

Pada dasarnya, perkembangbiakan hewan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui generatif (perkawinan) dan vegetatif (tanpa perkawinan). Kali ini kita akan bahas perkembangbiakan dengan cara generatif, yang dibedakan menjadi tiga, yaitu Ovovivipar, vivipar dan ovipar.

Apa Contoh Hewan Ovovivipar, Vivipar dan Ovipar?

Perkembangan hewan secara generatif adalah perkembangbiakan jika ada pembuahan. Pembuahan adalah proses peleburan sel kelamin jantan (sperma) dengan sel kelamin betina (ovum/sel telur). 

Berdasarkan tempat janin bertumbuh, perkembangbiakan hewan secara generatif dibedakan menjadi tiga, yaitu ovipar (bertelur), melahirkan (vivipar) dan bertelur melahirkan (ovovivipar).

Hewan Ovipar 

Sebelum mengetahui contoh hewan ovovivipar, vivipar dan ovipar, ketahui dahulu pengertiannya. Hewan ovipar adalah hewan yang meletakkan telur di luar tubuh induk betinanya sehingga pertumbuhan dan perkembangan embrio terjadi di luar tubuh induknya. Embrio itu dibungkus dan dilindungi oleh cangkang (telur).

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut