get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Minuman Berkafein Bisa Sebabkan Penyakit Diabetes! Pecinta Kopi Perlu Waspada nih

Ilmuwan Swiss Melakukan Penelitian Yang Dianggap Mustahil, Yaitu Mengembalikan Kemampuan Berjalan

Kamis, 21 Maret 2024 | 02:27 WIB
header img

SERANG, iNewsBanten - Sejumlah ilmuwan dari dari Swiss NeuroRestore dilaporkan telah berhasil melakukan apa yang mungkin dianggap mustahil, yakni mengembalikan kemampuan berjalan pada orang lumpuh.

Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature, para peneliti mampu mengembalikan kemampuan berjalan pada orang lumpuh dengan mengidentifikasi neuron.

Dilansir dari BGR, Senin (14/11/2022), para peneliti menerbitkan temuan mereka kembali pada bulan September. Namun, penemuan itu menjadi berita utama lagi dalam beberapa pekan terakhir.

Ilmuwan membuat neuron yang diaktifkan dan dibentuk ulang oleh stimulasi sumsum tulang belakang. Dan, ketika berhasil, itu memungkinkan orang yang lumpuh untuk berjalan lagi.

Untuk mempelajari efektivitas neuron dalam memulihkan kemampuan berjalan dan menyembuhkan kelumpuhan, para peneliti memulainya dengan tikus.

Studi itu menunjukkan dengan tepat saraf mana yang dibutuhkan untuk dirangsang agar mencapai hasil yang diinginkan. Dari sana, para peneliti menguji temuan mereka pada sembilan sukarelawan dengan cedera tulang belakang kronis.

Untuk diketahui, salah satu alasan terbesar cedera tulang belakang menyebabkan kelumpuhan di kaki adalah gangguan sinyal dari otak kita ke sel-sel saraf di tulang belakang yang mengatur berjalan.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut