get app
inews
Aa Read Next : Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia VS Australia Bermain Imbang 0-0

Deretan Pejuang Indonesia yang Anti Tembak Oleh Peluru Penjajah, No 5 Asal Batak Loh!

Jum'at, 09 Desember 2022 | 20:04 WIB
header img
Ilustrasi, Foto: Tangkapan Layar Youtube QJP OFFICIAL

JAKARTA, iNewsBanten - Pahlawan pejuang Indonesia yang memiliki ilmu kesaktian erat kaitannya dengan para pendekar berkemampuan tinggi. Di masa perjuangan melawan penjajah, sejumlah pejuang juga dianggap memiliki ilmu kesaktian.

Ilmu kebal menjadi salah satu kesaktian paling populer di Tanah Air. Dengan ilmu kebal, para pejuang ini sulit dilumpuhkan penjajah Belanda.

Berikut daftar pejuang yang dianggap memiliki ilmu kebal peluru, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Untung Surapati

Perjuangan Untung Surapati membuat VOC kewalahan, terlebih dengan kesaktian Untung yang kebal akan peluru. Karena kesaktiannya ini, Untung sulit ditaklukkan di medan perang. Dalam buku berjudul Untung Surapati Melawan VOC Sampai Mati karya Sri Wintala Achmad, dikisahkan mengenai pertempuran gabungan antara tentara Sampang, Surabaya dan tentara VOC, dengan pasukan Pasuruhan dan Bali yang dipimpin Untung Surapati.

Dalam perang tersebut, peluru-peluru ditembakkan hingga membunuh banyak pasukan dari kedua belah pihak, tetapi hal ini tidak mempengaruhi Untung Suropati. Dia masih terlihat gagah duduk di atas kuda Kiai Pakeling miliknya dan membunuh pasukan kompeni dengan tangannya. Bahkan, saat peluru emas ditembakkan padanya, Untung Suropati tidak mengalami luka yang serius.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut