get app
inews
Aa Read Next : Pusing Hadapi Anak yang Beranjak Remaja? Coba 3 Tips dari Psikolog Ini

Berikut 4 Cara Menghindari Anak Kecanduan Gadget, Ajak Aktifitas Bermain dan Belajar di Luar Ruangan

Selasa, 09 Mei 2023 | 07:30 WIB
header img
Anak bermain gadjet jangan dibiasakan ( foto istimewa)

SERANG, iNewsBanten – Memiliki anak yang ketergantungan pada gadget nampaknya sudah menjadi masalah semua orang tua. Terlebih saat pandemi silam, anak-anak semakin terbiasa melakukan semua kegiatan di gadget. Mulai dari belajar, bermain, hingga berinteraksi dengan teman mereka. 

Sayangnya ketergantungan tersebut justru berdampak buruk pada tumbuh kembang anak. Bisa jadi anak tidak bisa berkomunikasi langsung dengan teman sebaya dan malas bergerak, karena terbiasa duduk memegang gadget. 

Tak hanya masalah ketergantungan, kebiasaan anak main gadget dan duduk lama selama berjam-jam juga bisa menimbulkan masalah pada kesehatannya. Berikut ini empat cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajak anak lebih aktif lagi: 

1. Buat rutinitas

Cobalah membuat jadwal rutinitas anak setiap hari, mulai dari waktu bangun hingga waktu tidur. Hal ini dapat membantu anak untuk lebih terarah tidak hanya bermain gadget di kamar. Sesekali aja anak untuk melakukan aktivitas di luar rumah bersama-sama. Tujuannya agar anak mengetahui ada dunia lain selain dunia yang dia ciptakan di gadget. 

2. Cari aktivitas olahraga

Sebagai orang tua menemukan bakat anak sangatlah penting. Coba lihat apakah anak senang melakukan sesuatu seperti aktivitas olahraga. Seperti diungkapkan Ketua Journalist Mountain Bike (JMTB) Ahmad Fauzie, bahwa anak usia 2-7 tahun biasanya mulai menunjukkan bakat fisik mereka. Berkaca dari itulah Fauzie menggelar JMTB PushBike Race 2022 yang ditujukan untuk anak-anak berusia 2-7 tahun. Dia berharap orang tua bisa melihat bakat pebalap sepeda anak sejak usia dini. 

Anak-anak naik sepeda di ajang JMTB PushBike Race 2022. (foto: antara)

 

"Kami berupaya mendorong kemajuan olah raga sepeda di Indonesia, ajang ini sebagai wujud komitmen kami untuk melahirkan bibit-bibit muda, sekaligus mengajak anak makin aktif," kata Fauzie dalam keterangannya Senin (28/11/2022).

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut