get app
inews
Aa Read Next : Rafael Struick Masuk Nominasi Future Star Piala Asia U-23 2024, Bakal Bersaing dengan Ali Jasim

Tanggal 26 Desember Sejarah Bencana Alam Terdahsyat di Indonesia

Senin, 26 Desember 2022 | 07:06 WIB
header img
Tanggal 26 Desember Sejarah Bencana Alam Terdahsyat di Indonesia foto Istimewa, -)

BANDA ACEH, iNewsBanten - Bencana alam terbesar di Indonesia, kabar duka menyelimuti bumi Indonesia 18 tahun silam. Tepat di hari Minggu, 26 Desember 2004 silam, gempa bumi berkekuatan 9,3 Skala Rithcer (SR) mengguncang bumi serambi Mekkah, Aceh.

Gempa dengan kedalaman 10 kilometer dan berpusat di 160 km sebelah barat Aceh dengan posisi 2,9 derajat Lintang Utara dan 96,6 derajat Bujur Timur itu terjadi pukul 08.00 WIB.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (26/12/2022), guncangan itu berlangsung sekitar 10 menit. Gempa bumi itu menjadi gempa paling hebat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. Ahli menyebut, gempa di Aceh menjadi gempa terbesar ke-5 yang pernah ada dalam sejarah.

Gempa itu menewaskan sebagian korban meski gelombang tsunami belum menyapu dataran. Gempa bumi tersebut juga memicu gelombang tsunami dengan ketinggian lebih dari 30 meter.

Tsunami menyapu bersih sebagian wilayah Aceh. Bencana alam ini menjadi peristiwa bencana alam terbesar dalam sejarah abad 21. Gelombang tsunami datang dengan kecepatan mencapai 100 meter per detik, atau 360 kilometer per jam.

Ratusan ribu nyawa melayang. Rumah, bangunan, binatang ternak, rumah ibadah, semuanya hancur usai diterjang gelombang dahsyat itu.

Bahkan, gelombang itu mampu menyeret kapal hingga ke daratan.

Kapal tersebut merupakan Kapal PLTD Apung. Kapal seberat 2.600 ton terseret hingga 5 kilometer dari kawasan perairan ke tengah daratan.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut