get app
inews
Aa Read Next : Alquran dan Sains ungkap Manfaat Ajaran Rasulullah Soal Diet

3 Alquran Dirusak di Swedia, Satu Berisi Pesan Ancaman Pembunuhan

Jum'at, 03 Februari 2023 | 06:58 WIB
header img
3 Alquran Dirusak di Swedia

JAKARTA, iNewsBanten -  Pada Selasa (31/1/2023), kelompok negara-negara Muslim menyatakan sikap bersama terkait pembakaran Alquran, melalui pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan luar biasa di Jeddah, Arab Saudi.

Hal tersebut dilatarbelakangi atas protes Swedia terhadap Turki yang menolak negara Nordik itu bergabung dengan NATO. Mulanya aksi ini terjadi pada saat melakukan demonstrasi di depan kedutaan Turki di Stockholm yang dipimpin oleh Rasmus Paludan.

Namun, mengapa Swedia tidak menghukum Paludan terhadap aksi yang tuai kecaman internasional tersebut?

Mengutip dari CNBC, otoritas Swedia mengatakan aksi demonstrasi yang dipimpin Paludan itu masih dinilai sah di bawah Undang-Undang Kebebasan Berpendapat Swedia. Paludan juga telah mendapat izin demonstrasi dengan mengatasnamakan pertentangan terhadap Islam dan upaya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mempengaruhi hukum kebebasan berpendapat di Swedia.

Salah satu alasan demo itu digelar yakni untuk memprotes tuntutan Erdogan kepada Swedia agar repatriasi aktivis Partai Pekerja Kurdi (PKK) Turki jika ingin direstui Ankara masuk NATO. Turki menganggap PKK sebagai organisasi separatis dan terorisme.

Diketahui bahwa Paludan juga telah berulangkali dan tidak kapok melakukan aksi pembakaran Alquran, tidak hanya di Swedia, tetapi juga di negara lain.

Tahun lalu Paludan mengumumkan akan melakukan “tur pembakaran Alquran” selama bulan Ramadan di tempat-tempat di Swedia yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. Pengumuman itu memicu kerusuhan di berbagai wilayah di Swedia.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut