get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Kemerdekaan RI ke-79 Rutan Serang Gelar Perlombaan Tradisional

Lomba Pacu Jawi Merupakan Tradisi Tanam Padi

Jum'at, 17 Maret 2023 | 15:30 WIB
header img
Lomba Pacu Jawi Merupakan Tradisi Tanam Padi (foto istimewa )

PADANG, iNewsBanten - Sumatera Barat terkenal dengan pacu jawi, Tradisi Pacu Jawi merupaka perlombaan yang berasal dari Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). Pacu Jawi merupakan bahas Minangkabau yang berarti balapan sapi.

Perlombaan ini hanya bersifat menghibur. Biasanya digelar setelah petani melakukan panen padi. Para petani memacu sapinya di sawah yang masih berair dan berlumpur bekas panen padi tadi.

Dilansir dari laman warisanbudaya.kemdikbud.go.id, Rabu (8/2/2023), tidak diketahui kapan perlombaan tradisional itu pertama kali digelar. Kuat dugaan, Pacu Jawi telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Pacu Jawi awalnya muncul di Nagari Tuo atau desa tua Pariangan, Kabupaten Tanah Datar. Pacu jawi ditemukan oleh datuak (Dt) Tantejo Gurhano. 

Tantejo Gurhano merupakan tetua yang arif dan bijaksana di wilayah itu. Konon, saat itu beliau mencari cara agar sawahnya menjadi subur dan mudah ditanami. Setelah mencoba beberapa cara, akhirnya dia menemukan ara terbaik yakni membajak sawah menggunakan jawi atau sapi. 

Saat membajak, Tantejo Gurhano mengajak keponakannya yang bertugas sebagai joki serta dua orang tambahan. Nantinya mereka bertugas memegang tali dan mengarahkan sapi.

Membajak sawah menggunakan sapi dipercaya akan membuat tanah menjadi gembur dan subur. Tanah subur disebabkan oleh kotoran dari sapi yang menjadi pupuk alam. Sehingga, tanah yang gembur dan subur menjadikan hasil panen padi warga berlimpah.

Ternyata cara itu berhasil. Keberhasilan Tantejo Gurhano tersebar ke lingkungan sekitar dan daerah lain, sehingga masyarakat mengikuti metode yang digunakan oleh Tantejo dalam membajak sawah. Jadi, pacu jawi berasal dari upaya para petani pada zaman dulu untuk menemukan cara membajak sawah.

Sementara itu, untuk acara Pacu Jawi,  sepasang sapi berlari di lintasan sawah berlumpur dengan panjang sekitar 60–250 meter.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut