get app
inews
Aa Read Next : Anda Tahu Tomy Winata, Pemilik Kawasan SCBD! Ternyata Pernah Jadi Kuli Bangunan

Menengok Gurita Bisnis CT Corp Milik Chairul Tanjung

Selasa, 14 Februari 2023 | 23:57 WIB
header img
Chairul Tanjung (Foto: Okezone)

 JAKARTA, iNewsBanten - PT CT Corpora atau lebih dikenal dengan nama CT Corp merupakan kelompok usaha yang dimiliki oleh konglomerat Chairul Tanjung. Konglomerasi bisnis ini dibangun sejak tahun 1987.

Perusahaan yang ternyata milik Chairul Tanjung menarik untuk diulas. Menurut data Forbes, harta kekayaan CT kini sebesar USD5,3 miliar atau setara Rp78,9 triliun (kurs Rp14.900 per USD) dan menduduki peringkat 6 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022.

Namun, sejatinya kekayaan CT turun. Sebelum Forbes mengumumkan daftar 50 orang terkaya Indonesia 2022, harta kekayaanmenyentuh USD8,3 miliar atau setara Rp123,6 triliun. Jika dihitung, harta kekayaannya malah menyusut sekitar Rp44,7 triliun.

Berikut perusahaan yang ternyata milik Chairul Tanjung yang dirangkum berbagai sumber:

1. Bisnis Media

Chairul Tanjung merupakan bos Trans Media yang membawahi beberapa media televisi hingga online.

2. Bisnis Bank

Chairul Tanjung juga mempunyai Bank Mega melalui PT Mega Corpora, keluarga CT (CT Corporate) merupakan pemegang saham pengendali (PSP) di PT Bank Mega. CT juga mempunyai Allo Bank, bank digital milik CT Corp

3. Bisnis properti

CT memiliki bisnis di sektor properti dan investasi. Beberapa perusahaan properti dan investasi yang dimilikinya, antara lain adalah Para Bandung Propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, dan Mega Indah Propertindo.

4. Bisnis ritel

Melalui anak perusahaannya, Trans Corp membeli saham Carrefour Indonesia sebesar 40 persen. Saat ini, Carrefour Indonesia sudah dikuasai sepenuhnya oleh Chairul Tanjung dan diubah namanya menjadi Transmart.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut