get app
inews
Aa Read Next : Ini Kondisi Epy Kusnandar 'Kang Mus' Usai Ditangkap Polisi Terkait Narkoba

Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Sepekan ke Depan, Ini Saran dari BMKG

Kamis, 23 Februari 2023 | 11:42 WIB
header img
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat selama sepekan ke depan atau hingga 28 Februari 2023. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNewsBanten - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Peringatan ini berlaku di 25 wilayah Indonesia.

BMKG mengatakan peringatan dini ini diterbitkan setelah memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini terjadi signifikansi dinamika atmosfer yang berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Potensi cuaca ekstrem ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang mendukung pembentukan awan hujan lebih intensif dalam beberapa waktu ke depan, di antaranya aktivitas Monsoon Asia yang menguat,” ucap Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, Kamis (23/2/2023).

Selain itu, ada indikasi aktifnya seruakan dingin dari Asia serta adanya pusat tekanan rendah di perairan barat Australia dan pola sirkulasi angin yang terbentuk di sekitar wilayah Indonesia.

“Kemudian membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari kedepan,” ujarnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, untuk periode sepekan ke depan hingga 28 Februari 2023 perlu diwaspadai potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah:

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut