get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Banyak Manfaatnya Daun Jarak, Begini Cara Mengolahnya

Pemerintah Umumkan Kasus Flu Burung Kembali Menyerang Indonesia, Lewat Edaran Kementerian Pertanian

Sabtu, 25 Februari 2023 | 17:28 WIB
header img
Ilustrasi penanganan penyebaran virus Flu burung (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Beredar kematian Unggas di Kalimantan, saat ini kasus flu burung kembali menyerang Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang unggas seperti ayam, bebek dan burung memang bisa menyerang manusia atau yang disebut zoonosis.

Flu burung pun menjadi salah satu penyakit yang mematikan bagi manusia. Saat virus menginfeksi manusia, komplikasi yang bisa terjadi antara lain radang paru hingga kegagalan fungsi organ.

Kasus flu burung ini pun ditemukan di Kalimantan Selatan, hal ini diketahui dalam surat edaran (SE) tentang Kewaspadaan Kejadian Luar Biasa Flu Burung (H5N1) CLADE BARU 2.3.4.4b NOMOR : PV.03.01/C/ /2023.

"Surat Edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian No.16183/PK.320/F/01/2023 tanggal 16 Januari 2023 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap HPAI (Highly Pathogenic Avian Influenza) subtipe H5N1 yang menyebutkan adanya kenaikan wabah HPAI H5N1 clade 2.3.4.4b dan clade 2.3.2.1c di dunia," jelas Kemenkes dalam surat edarannya.

"Wabah ini telah teridentifikasi positif virus H5N1 clade 2.3.4.4b melalui uji PCR dan sekuencing di peternakan komersial bebek peking yang tidak divaksin di Provinsi Kalimantan Selatan," tambah keterangan tersebut.

Dengan demikian, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid memastikan kasus yang ada baru ditemukan pada unggas. Belum ada laporan terjadi pada manusia. "Ini kasusnya baru diunggas kalau di manusia belum," jelas dr Nadia kepada MNC Portal, Sabtu (25/2/2023).

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut