get app
inews
Aa Read Next : 5 Camilan dengan Kandungan Kolesterol Tinggi, Jangan Kalap Makannya

Ada 7 Cara Kolesterol Bisa Turun, Beralih Pakai Minyak Zaitun dan Stop Merokok

Selasa, 14 Mei 2024 | 22:05 WIB
header img
Ada 7 Cara Kolesterol Bisa Turun, Beralih Paki Minyak Zaitun dan Stop Merokok ( Foto : MNC)

- Untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari kolesterol, karena saat ini kolesterol jahat ( LDL) kita tinggi, artinya kita juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Maka dari itu, segera kendalikan dengan mengurangi kolesterol LDL jahat dan meningkatkan Kolesterol HDL si Kolesterol baik.iNewsBanten,

Suzanne Steinbaum, DO, Ahli Jantung di Lenox Hill Hospital, New York menjelaskan, mengurangi kolesterol dalam tubuh sebetulnya hanya dengan melakukan perubahan sederhana dalam gaya hidup.

“Saat Anda mengadopsi perubahan gaya hidup, semuanya mulai berubah. Ada peningkatan yang bisa dilihat pada 6 minggu, dan sering kali meningkat (lebih baik) dalam 3 bulan,” kata dokter Suzanne, dikutip dari Mayo Clinic.

Bagaimana cara untuk mengurangi kolesterol? Menghimpun National Health Service UK, Mayo Clinic, dan Web MD, yang sudah mengulas Carol DerSarkissian, MD, berikut paparan cara mengurangi kolesterol.

1. Kurangi berat badan perlahan:

Tak perlu langsung drastis, menurunkan 4,5 kilogram saja kita sudha bisa mengurangi kolesterol jahat sampai 8 persen. Target yang masuk akal dan aman adalah menurunkan berat badan 0,4 hingga 0,9 kilogram per pekan dan dilakukan terus dari waktu ke waktu.

2. Olahraga;

Gerak aktif sehari-hari sangat penting, dokter Sarah Samaan, MD, ahli jantung di Texas mengatakan berolahraga setidaknya 2 1/2 jam dalam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan HDL. Pilih olahraga yang disukai, atau lakukan yang ringan dan menyenangkan seperti berjalan kaki, berenang, dan bersepeda.

3. Makan serat:

Makanan seperti oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan kaya akan serat larut, yang mencegah tubuh menyerap kolesterol. Makan lebih banyak serat juga membuat perut kenyang lebih lama, mencegah keinginan untuk mengemil. Tingkatkan asupan serat pelan-pelan, karena kalau terlalu banyak bisa membuat perut kembung.

4. Makan ikan:

Coba makan ikan dua sampai empat kali dalam seminggu. Ikan yang mengandung lemak omega-3 dalam ikan tidak hanya menyehatkan jantung, tetapi juga membantu menurunkan Kolesterol karena mengurangi paparan lemak jenuh, yang banyak pada daging merah. Pilih ikan salmon, sarden, dan tuna sirip biru.

5. Beralih ke minyak zaitun:

Mengganti mentega dengan minyak zaitun bisa mengurangi kolesterol LDL sebanyak 15 persen loh! Lemak "baik" dalam minyak zaitun bermanfaat bagi jantung, tapi ingat pilih extra virgin olive oil yang mengandung lebih banyak antioksidan.

6. Makan kacang:

Sebagian besar jenis kacang bisa menurunkan LDL, karena camilan sehat ini mengandung sterol contohnya serat, mencegah tubuh menyerap kolesterol. Tapi ingat makannya jangan berlebihan, karena kacang tinggi kalori.

7. Berhenti merokok:

Berhenti merokok meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), manfaatnya dalam waktu 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung jadi pulih dari pemutaran akibat rokok. Tiga bulan kemudian, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru mulai membaik, dan setahun ke depan risiko penyakit jantung pun turun.

 

https://health.okezone.com/read/2023/03/04/483/2775328/7-cara-mengurangi-kolesterol-salah -satunya-beralih-ke-minyak-zaitun?page=1

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut