get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Minuman Berkafein Bisa Sebabkan Penyakit Diabetes! Pecinta Kopi Perlu Waspada nih

Waspada Musim Pancaroba, Kucing Peliharaan Anda Rentan Terkena Penyakit Panleukopenia

Sabtu, 18 Maret 2023 | 11:05 WIB
header img
Tak hanya manusia di musim pancaroba yang gampang terkena penyakit, ternyata hewan peliharaan kucing pun tentang terhadap penyakit (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Dengan adanya himbauan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Indonesia akan memasuki musim panas dalam beberapa minggu mendatang. Tidak heran jika ada beberapa wilayah di Indonesia yang mulai mengalami musim panas, tapi tetap mengalami curah hujan tinggi sesekali.

Nah, di musim pancaroba seperti ini memang bisa mendatangkan banyak penyakit. Cuaca seperti ini pun tidak hanya berpengaruh pada manusia, tapi juga hewan peliharaan kita.

Dokter hewan dari Institut Pertanian Bogor sekaligus anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia, drh. Trima Naimmah, mengatakan hewan peliharaan seperti kucing juga rentan terkena penyakit seperti flu hingga muntaber di musim pancaroba.

“Sama seperti kita ya, kucing juga rentan sekali terkena penyakit. Biasanya saat musim pancaroba ini, penyakit yang sering muncul adalah flu, diare, penyakit kulit dan rambut atau bahkan yang paling parah bisa terkena Panleukopenia atau muntaber,” ungkap Trima seperti dilansir dari Antara.

Menurut Trima, Panleukopenia merupakan penyakit yang tergolong berbahaya untuk kucing, karena penyakit ini dengan cepat bisa menular terutama bagi kucing yang belum divaksin.

Trima menjelaskan apabila anak berbulu (sebutan untuk hewan peliharaan) atau "anabul" terserang flu, pemilik bisa memberikan perawatan di rumah dengan membantu mengeluarkan ingus hingga menjemur anabulnya di bawah matahari pagi. Namun akan lebih baik bila anabul yang sakit segera dibawa ke rumah sakit hewan agar mendapat perawatan yang tepat.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut