get app
inews
Aa Read Next : Ingin Berwisata Alam di Banten? Berikut Rekomendasi 7 Curug Eksotis dan Indah

Gunung Anak Krakatau Terus Mengalami Erupsi, Wisatawan dan Warga Tak Beraktivitas di Radius 5 Km

Minggu, 19 Maret 2023 | 06:56 WIB
header img
Doc Anak Krakatau Erupsi (foto istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Adanya aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) yang terletak perbatasan antara Provinsi Lampung dan Banten, gunung tersebut sudah mengalami erupsi sebanyak tiga kali, Sabtu 18 Maret 2023.

Erupsi terupdate terjadi pada pukul 21.43 Wib dengan kondisi kolom erupsi tidak teramati, namun terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 46 mm dan durasi 46 detik.

Kemudian, erupsi juga terjadi pada pukul 18.46 dengan tinggi kolom ± 300 meter di atas puncak, ataus ± 457 meter di atas permukaan laut. kolom berintensitas sedang hingga tebal ke arah barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo 38 mm dan durasi 53 detik.

"Masyarakat, pengunjung atau wisatawan serta pendaki diminta tidak mendekati GAK atau beraktivitas dengan radius 5 KM dari kawah aktif," ujar Petugas Pemantau GAK dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), Ade Yasser Akhmad Purwata dilansir Antara, Minggu (19/3/2023).

Sebelumnya GAK juga erupsi pada pukul 14:46 siang. Tinggi kolom letusan mencapai ± 500 meter di atas puncak ± 657 meter dari atas permukaan laut.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut