get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Daun Sukun, Bantu Turunkan Asam Urat dan Kolesterol

Spekboom yang Dikira Hanya Tanaman Semak, Ternyata Menyimpan Segudang Manfaat

Sabtu, 25 November 2023 | 20:02 WIB
header img
Tanaman Spekboom (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten -  Belum banyak orang tau ternyata tanaman yang kita anggap sepele ternyata segudang manfaat, tanaman tersebut adalah Spekboom tanaman sukulen yang tumbuh sebagai semak atau pohon kecil. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan, spekboom tumbuh subur di daerah semi-gurun.

Daunnya yang hijau tumbuh di batang yang berwarna kemerahan, dan tanaman ini menghasilkan bunga berwarna merah muda.

Spekboom tidak hanya memiliki bunga yang indah, ternyata daunnya juga dapat dikonsumsi oleh manusia dan hewan. Sebenarnya, spekboom adalah kata dalam bahasa Afrikaans yang bila diterjemahkan menjadi "pohon daging" dalam bahasa Inggris.

Daun spekboom yang berair sangat populer untuk dijadikan salad, dimasak, atau sebagai camilan.

Orang-orang juga menggunakan spekboom sebagai obat. Tanaman ini dapat membantu mengobati dehidrasi, sakit tenggorokan, dan infeksi. Banyak orang juga menggunakan daunnya untuk meringankan masalah kulit, seperti ruam dan sengatan matahari.

Tak hanya sebagai makanan dan obat, spekboom juga dijuluki sebagai tanaman ajaib, kenapa? Dilaporkan dari Wonderopolis, julukan ini ada hubungannya dengan kemampuan tanaman ini untuk menyerap karbon dioksida (CO₂) dalam jumlah banyak.

Berapa banyak gas yang dapat diserap oleh spekboom dari atmosfer? Para ahli mengatakan bahwa satu hektar tanaman ini dapat mengimbangi jejak karbon tahunan rata-rata setiap individu. Ini berarti spekboom dapat membantu memerangi perubahan iklim.

Bisakah spekboom menyelamatkan dunia dari perubahan iklim? Kemampuannya untuk menangkap karbon memang cukup mengesankan. Namun, para ilmuwan iklim memperingatkan untuk tidak menggantungkan semua harapan kita pada satu tanaman.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut