get app
inews
Aa Read Next : Peringati HUT RI Ke-79 PT Pelindo Regional 2 Banten Adakan Fun Games Bersama Seluruh Anak Perusahaan

Persiapan Mudik H-7, PT ASDP Merak Monitoring Pelabuhan Pelindo Ciwandan

Senin, 03 April 2023 | 14:52 WIB
header img
Hendra Manager usaha PT ASDP didampingi KSKP Merak beserta jendral manager PT Pelindo Ciwandan saat memonitor persiapan mudik lebaran (foto istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 (Pelindo) Banten mulai bersiap dan monitoring demi memastikan terminal penumpang beserta fasilitas pendukungnya berfungsi secara baik guna mendukung kelancaran arus mudik Idulfitri 1444 Hijriah atau lebaran 2023.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Banten, Ir. Agung Fitrianto menyampaikan capaian arus penumpang pada masa arus mudik lebaran 2023 ini akan meningkat.

Sehingga arus mudik lebaran 2023 diprediksi adanya kenaikan sebesar menjadi sekitar ribuan penumpang.

"Sejumlah fasilitas dapat dipastikan siap untuk digunakan, diantaranya ruang tunggu penumpang, ruang laktasi, mushola, toilet, tempat parkir kendaraan dan CCTV guna memastikan keamanan bagi calon pemudik," kata Agung kepada iNewsBanten Senin (03/04/2023).

Namun tidak menutup kemungkinan apabila permintaan naik seperti lebaran tahun lalu, pihak operator kapal bisa menambah jadwal pelayanan pada H-7 sampai dengan H+7 masa lebaran 2023 menjadi setiap hari.

Di sisi lain, Ir. Agung Fitrianto selaku General Manager beserta jajaran PT Pelindo juga memastikan untuk pelayanan kapal dan barang pada masa arus mudik lebaran 2023 akan tetap berjalan seperti biasa.

Dari sisi pengamanan, PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten juga menyiapkan posko lebaran 2023 di lingkungan pelabuhan bekerjasama dengan seluruh stakeholder terkait guna menjamin kelancaran kegiatan pelabuhan di masa perayaan lebaran 2023.

Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2023 melibatkan petugas dari anggota Polres Cilegon, Dinas Perhubungan, Karantina Kesehatan, ASDP bakal dilibatkan untuk pengamanan arus mudik Idul Fitri 1444 H atau lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, Banten. 

Pengamanan arus mudik itu dilakukan guna mengantisipasi terjadi tindak kriminalitas dan memberikan kenyamanan keamanan bagi pengguna jasa di pelabuhan tersebut.

Sementara itu guna mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di badan jalan selama arus mudik lebaran 2023, pihak ASDP bakal melakukan rekayasa lalulintas menjelang arus mudik dan balik seperti lahan Buffer Zone. 

PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Ferry Merak, Banten memprediksi bakal ada peningkatan penumpang arus mudik jelang Idul fitri 1444 H atau lebaran 2023.

Oleh karena itu, pihak ASDP bersama Pelindo Regional 2 Banten, Pemerintah Kota Cilegon dan kepolisian setempat bakal menyiapkan skema operasional angkutan lebaran 2023 ini.

Hal itu guna memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jasa, pelabuhan penyeberangan yang melakukan perjalanan arus mudik dan balik agar perjalanan mereka tetap aman, nyaman, lancar dan selamat.

Manager Usaha PT ASDP Pelabuhan Merak, Cilegon-Banten Hendra mengatakan, pihaknya memprediksi kenaikan jumlah kendaraan yang menyeberang di Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 2 Regional.

Kenaikan arus mudik ini diperkirakan lebih besar jika dibandingkan pada tahun 2022 lalu.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut