get app
inews
Aa Read Next : Kepolisian Terus Kawal Prabowo-Gibran Sampai Hari Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih

Cawe Cawe Presiden Jokowi, Pramono : Bukan Pengaruhi Hasil Pemilu 2024 atau Endorse Capres

Sabtu, 03 Juni 2023 | 20:41 WIB
header img
Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung

JAKARTA, iNewsBanten - Menteri Sekretaris Kabinet (Mensekab) Pramono Anung menegaskan bahwa cawe-cawe Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kepentingan bangsa dan negara. Tujuannya agar Pemilu 2024 berlangsung transparan dan terbuka.

"Jadi apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden kebetulan secara langsung di depan pemimpin redaksi beliau menyampaikan cawe-cawe untuk hal yang positif, artinya pelaksanaan pemilunya berlangsung transparan, terbuka," kata Pramono kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Pramono juga menjelaskan, di era sekarang ini yang serba digital, sudah tidak mungkin untuk melakukan hal yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sehingga yang dimaksud Jokowi adalah positif, karena sudah berkali-kali Presiden ditanyakan pertanyaan yang sama.

"Dan yang paling penting adalah pemilunya tepat waktu, transparan, terbuka, luber (langsung, umum, bebas, rahasia) itu bisa dipenuhi," terangnya.

Apalagi, mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP ini menjelaskan, saat ini masing-masing partai politik sedang dalam proses pembentukan koalisi untuk mengusung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). 

Oleh karenanya, Pramono menegaskan bahwa cawe-cawe Jokowi bukan untuk mempengaruhi hasil pemilu 2024 mendatang.

"Bukan cawe-cawe kemudian untuk mempengaruhi hasil pemilu sama sekali nggak. Cawe-cawe itu menciptakan pemilunya berlangsung dengan baik, dan apa yang menjadi keinginan beliau untuk hilirisasi tetap berlanjut. IKN bisa dilanjutkan dengan baik karena memang IKN juga mendapatkan antusias yang luar biasa dari investor dari luar negeri," tegasnya.

Pramono menambahkan, cawe-cawe Jokowi juka bukan untuk memberikan dukungan kepada salah satu capres tapi untuk menciptakan iklim demokrasi berjalan lebih baik dan tidak melanggar peraturan apapun. Sehingga, Jokowi tidak akan mengedorse siapapun.

"Engga, enggak Presiden enggak akan mengendors (capres)," tandasnya.

Sumber : https://www.inews.id/amp/news/nasional/pramono-tegaskan-cawe-cawe-presiden-jokowi-bukan-pengaruhi-hasil-pemilu-2024-atau-endorse-capres/2

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut