get app
inews
Aa Read Next : Ada 7 Cara Kolesterol Bisa Turun, Beralih Pakai Minyak Zaitun dan Stop Merokok

Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Kolesterol? Yuk Simak Jawabnya di Artikel Berikut ini

Jum'at, 26 April 2024 | 13:04 WIB
header img
Ilustrasi wanita minum segelas air mineral (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Apakah banyak minum air putih dapat menurunkan kolesterol ini menarik untuk diulas. Seperti diketahui kolesterol telah menjadi masalah kesehatan serius bagi banyak orang serta meningkatkan risiko penyakit jantung serius.

Dalam upaya mencari solusi, beredar mitos minum banyak air putih dapat menurunkan kolesterol. Hal ini membuat orang terkadang melakukannya untuk bisa mencegah penyakit kolesterol.

Namun, apakah benar banyak minum air putih dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh? Melansir Free Drinking Water, Mengonsumsi banyak air putih memainkan peran penting dalam menurunkan kolesterol secara tidak langsung. Pasalnya air putih membantu mengencerkan darah membantu memompa darah lebih lancar.

Selain itu, air putih juga memainkan peran penting dalam menghidrasi tubuh. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, darah berubah menjadi asam yang dapat menyebabkan penumpukan kadar kolesterol jahat.

Minum banyak air menjaga aliran darah tetap bersih dan menjaga metabolisme tubuh. Dengan begitu tubuh menjadi lebih segar saat beraktivitas.

Penderita kolesterol juga harus harus memperhatikan kualitas air. Sebuah penelitian yang dilakukan kepada hewan menunjukan bahwa kandungan klorin dalam air meningkatkan kadar kolesterol plasma darah.

Oleh sebab itu, sebaiknya memasang sistem penyaring air berkualitas yang dapat menghilangkan klorin atau bahan kimia dalam minuman.

Perlu diingat bahwa air putih menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara tidak langsung. Penderita kolesterol juga perlu menjalani gaya hidup sehat seperti pola makan seimbang, aktivitas fisik teratur, menghindari rokok, dan menjaga berat badan.

Konsultasi dengan profesional medis juga menjadi langkah penting bagi pemilik kolesterol tinggi. Konsultasikan masalah dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapat pengobatan yang sesuai.

Seperti diketetahui, kolesterol adalah zat lemak seperti lipid yang terdapat di dalam darah. Kolesterol penting untuk menjalankan fungsi tubuh seperti pembentukan hormon, sintesis vitamin D, dan pembentukan sel saraf.

Tetapi beberapa kolesterol masuk ke dalam kategori kolesterol jahat (LDL). Zat ini berasal dari makanan yang masuk kedalam tubuh. Terlalu banyak kolesterol menyumbat aliran darah dan mengakibatkan penebalan dinding arteri (arteriosklerosis).

Demikian banyak minum air putih dapat menurunkan kolesterol.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://health.okezone.com/read/2023/07/20/483/2849228/apakah-banyak-minum-air-putih-dapat-menurunkan-kolesterol

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut