get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Buah Belimbing yang Belum Banyak Orang Tau! Bisa Turunkan Berat Badan dan Imun Tubuh

Sejuta Manfaat yang Belum Banyak Orang Tau Tentang Bekicot! Kaya Protein dan Obat Segala Penyakit

Jum'at, 24 Mei 2024 | 21:08 WIB
header img
Ilustrasi olahan daging bekicot (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Daging bekicot mungkin bukan hidangan yang seringkali dijumpai dalam menu sehari-hari, tetapi daging bekicot ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Siput atau bekicot merupakan daging yang memiliki kandungan gizi tinggi. Daging bekicot dikenal memiliki manfaat anti-inflamasi, antioksidan, kemampuan anti-kanker dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Rata rata bekicot terdiri dari 80% air, 15% protein, dan 2,4% lemak. Bekicot tinggi vitamin E, A, K, dan B12 dan asam lemak vital, kalsium, zat besi, Selenium, dan magnesium.

Berikut ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi bekicot, dikutip dari Jebfoods,

1. Mengandung Vitamin Dan Mineral

Makan daging bekicot bermanfaat bagi kesehatan untuk segala usia. Daging bekicot mengandung vitamin A, E, B1, B3, B6, dan B12 yang tinggi.

Sebagai antioksidan, vitamin E memiliki peran. Vitamin B1, B3, B6, dan B12 adalah vitamin penting yang membantu pengobatan dan pencegahan diabetes. Sedangkan vitamin A dikenal sebagai vitamin yang larut dalam lemak yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

2. Daging Dan Lendirnya Mencegah Stroke

Air bekicot atau daging bekicot tidak hanya mencegah tapi juga mengobati penyakit stroke.

Lendir bekicot juga menurunkan tekanan darah tinggi yang berkaitan dengan stroke dengan mengurangi tekanan darah, risiko stroke berkurang. Makan bekicot sangat bermanfaat karena mengandung zat aktif yang menenangkan otak. Zat ini juga menyembuhkan sel yang rusak akibat stroke.

3.Kandungan Fosfor yang Tinggi

Bekicot kaya akan fosfor, yang memiliki peran utama yang dapat mendukung kesehatan gigi dan gusi, sintesis DNA, dan penyerapan kalsium.

Fosfor hadir di semua sel tubuh, dengan sebagian besar terkonsentrasi di tulang dan gigi. Daging bekicot menawarkan struktur dan kekuatan pada gigi, membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi.

4.Rendah Kalori

Daging bekicot memiliki kandungan kalori yang rendah. Daging bekicot tidak mengandung karbohidrat, bebas gula dan lemak. Kalori yang rendah membantu menjaga berat badan dan mendukung gaya hidup sehat.

Selain kalorinya yang rendah, daging bekicot juga membantu menunda proses penuaan.

5. Kandungan Kolesterolnya Rendah

Daging bekicot adalah obat yang bagus untuk penyakit pembuluh darah seperti serangan jantung, henti jantung, hipertensi, dan stroke karena kandungan lemak dan kolesterolnya yang rendah.

Daging bekicot juga membantu dalam pengobatan mereka yang menderita masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://health.okezone.com/read/2023/08/10/483/2861703/5-manfaat-daging-bekicot-untuk-kesehatan-penasaran

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut