get app
inews
Aa Read Next : 8 Manfaat Minum Air Rebusan Jahe dan Kunyit di Pagi Hari

Khasiat Biji Nangka Ini Ternyata Banyak Manfaat, Jangan Dibuang

Sabtu, 25 Mei 2024 | 14:08 WIB
header img
Foto ilstr: Biji nangka dan manfaatnya.

JAKARTA, iNewsBanten - Biji nangka mengandung banyak nutrisi penting, seperti serat, protein, vitamin dan mineral. Bahkan biji nangka sebenarnya bisa dijadikan camilan yang sehat dan enak. Untuk membuat camilan dari biji nangka, Anda bisa mulai dengan mencuci biji tersebut dan merendam dalam air selama beberapa jam. Setelah direndam, dapat dikeringkan atau memanggang dengan sedikit minyak zaitun dan tambahan rempah-rempah, seperti garam atau paprika untuk memberikan cita rasa yang berbeda.

Namun, penting untuk diingat biji nangka mengandung lemak, jadi sebaiknya mengonsumsi dengan bijak dalam jumlah yang wajar. Selain dapat dijadikan camilan, ternyata biji nangka juga memiliki banyak khasiat. Penasaran, apa saja khasiat biji nangka perlu diketahui? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (15/8/2023).

Cegah Anemia

Dengan mengonsumsi biji nangka secara teratur, Anda dapat meningkatkan kebutuhan zat besi tubuh. Biji nangka kaya akan zat besi, yang merupakan konstituen utama hemoglobin. Jadi, dengan mengonsumsi biji nangka, Anda bisa membatasi risiko anemia sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Biji nangka dapat dijemur dan disimpan dalam bentuk bubuk maupun cara digiling. Bubuk ini dapat disimpan dan digunakan sebagai obat rumahan untuk meredakan gangguan pencernaan secara instan.

Jaga Kesehatan Mata dan Rambut

Nutrisi Vitamin A yang tersedia dalam biji Nangka membantu penglihatan. Faktanya, vitamin A dianggap sebagai salah satu nutrisi kesehatan mata terbaik, yang juga mencegah rabun senja. Ini juga memperbaiki rambut rapuh untuk memberi Anda pertumbuhan rambut yang sehat.

Mendukung Pembentukkan Otot

Biji nangka kaya akan protein berkualitas tinggi, yang mendukung pembentukan otot. Selain itu, protein biji nangka bebas kolesterol dan dapat dikonsumsi secara rutin untuk melengkapi konsumsi protein harian.

Membantu Kurangi Keriput

Biji nangka dapat digunakan pada wajah untuk menghindari keriput. Anda bisa mengambil satu biji nangka dan dihaluskan, kemudian dicampur dengan susu dingin dan oleskan pada wajah untuk menghilangkan kerutan. Selain itu, juga bisa menghaluskan tekstur kulit.


https://www.inews.id/travel/kuliner/biji-nangka-jangan-langsung-dibuang-ternyata-punya-banyak-khasiat/2?utm_medium=sosmed&utm_source=whatsapp

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut