get app
inews
Aa Read Next : 8 Manfaat Minum Air Rebusan Jahe dan Kunyit di Pagi Hari

Ini Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan

Rabu, 14 Agustus 2024 | 15:04 WIB
header img
Mengenal manfaat ikan lele untuk kesehatan (Foto: Instagram@ shantialfarokh)

SERANG, iNewsBanten - Memiliki menu ikan lele sebagai lauk pauk sehari-hari menjadi pilihan tepat. Apalagi ternyata ikan lele memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi primadona di lidah masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dengan sedikit cita rasa manis, membuat lele menjadi makanan favorit bagi anak yang baru belajar makan.

Menurut laporan USDA, dalam 100 gram ikan lele segar mengandung berbagai nutrisi termasuk di antaranya ialah protein 18,5 gram, energi 439, magnesium 28 miligram, fosfor 304 miligram, dan Kalium sebesar 419 miligram.

Selain rendah sodium dan kalori, ikan lele merupakan sumber lemak sehat, protein, vitamin penting, dan mineral yang baik. Mari kita lihat sejumlah manfaat kesehatan yang terkait dengan ikan lele berikut ini. Dirangkum pada Sabtu (20/11/2021).

1. Padat protein untuk pembangun otot

Protein penting untuk membangun dan mempertahankan massa otot tanpa lemak. Protein juga bertanggung jawab untuk memproduksi enzim dan hormon yang memengaruhi setiap fungsi tubuh. Ikan lele sangat padat protein. Dalam 100 gram ikan lele dapat memberi Anda 18,5 gram protein hanya dengan 105 kalori.

2. Kaya vitamin B vital

B12 adalah vitamin penting, dan memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah, kesehatan otak, dan sintesis DNA. Kelompok populasi tertentu, seperti wanita hamil, bayi, dan orang tua, lebih rentan terhadap kekurangan B12.

Satu porsi fillet ikan lele dapat memberi Anda 69% dari asupan vitamin B12 yang direkomendasikan setiap hari. Melengkapi diet Anda dengan ikan lele berpotensi membantu menyeimbangkan kekurangan apa pun.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut