get app
inews
Aa Read Next : WhatsApp Luncurkan Pembaruan Tampilan Terbaru, Desain Lebih Segar

Berkedok Game! Ternyata Aplikasi ini Virus di HP Android, Berikut Daftar yang Perlu Anda Waspadai

Selasa, 31 Oktober 2023 | 10:55 WIB
header img
Waspada virus Android berkedok game (doc ilustrasi)

iNewsBanten - Analis ancaman siber, Dr. Web kembali merilis sejumlah aplikasi berbahaya di Android berkedok game. Ironisnya, dari data yang dirilis sudah aplikasi berbahaya tersebut sudah diunduh hingga 2 juta kali.

Dikutip dari Bleeping Computer dan Okezone, Selasa (31/10/2023), 12 aplikasi yang beredar di Google Play Store ini teridentifikasi merupakan trojan yang terkait dengan keluarga malware 'FakeApp', 'Joker', dan 'HiddenAds'.

Dr. Web menjelaskan bahwa setelah korban menginstal aplikasi ini di perangkat mereka, aplikasi akan berjalan secara diam-diam di latar belakang, menyalahgunakan browser untuk meluncurkan iklan dan menghasilkan pendapatan bagi operatornya. 

Untuk para pengguna yang mungkin pernah menginstalnya, Dr. Web mengimbau untuk segera menghapusnya dan melakukan pemindaian perangkat secara menyeluruh menggunakan Play Protect dan alat antivirus seluler.

Untuk menghindari pengunduhan perangkat lunak berbahaya dari Google Play, diwajibkan membaca ulasan pengguna dengan cermat, dan lakukan pemeriksaan untuk memastikan penerbitnya dapat dipercaya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut