get app
inews
Aa Read Next : Sering Kenyang Setelah Makan Gorengan Padahal Belum Makan Nasi, Ini Penjelasannya Menurut Dokter

Sering Minum Es Bisa Sebabkan Orang jadi Batuk? Yuk Simak Penjelasan Dokter di Artikel ini

Sabtu, 10 Agustus 2024 | 12:03 WIB
header img
Ilustrasi segarnya minum es (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Banyak orang hobi minum es seperti sekarang ini. Sebab es terasa menyegarkan dan bikin tenggorokan lebih dingin.

Namun ada beberapa orang yang menyebut kalau minum es bisa menyebabkan batuk. Benarkah?

Digital Content Creator for Health Education dr. Farhan Zubedi menjelaskan sebenarnya minum es tidak ada pengaruhnya terhadap sakit batuk. Sebab saat minuman es masuk ke dalam, tubuh akan.

“Sebenarnya minum es itu faktor risiko. Batuk nggak terjadi kalau nggak ada faktor patogen, seperti infeksi bakteri, virus partikel asing dan debu. Kalau seseorang minum es dan nggak terpapar patogen itu nggak bakal batuk,” ujar dr Farhan saat ditemui dalam acara Launching Imboost Cough, baru-baru ini.

Dokter Farhan mengatakan penyebab batuk sendiri sebenarnya daya tahan tubuh yang menurun dan asupan makanan tidak bergizi.

“Penurunan daya tahan tubuh bisa terjadi karena stress, pola hidup tidak sehat, kurang tidur, kurang aktivitas fisik, dan perubahan cuaca seperti polusi dan panas,” jelasnya.

Dokter Farhan pun menyarankan kepada masyarakat agar menjaga daya tahan tubuh dengan menjalani pola hidup seperti olahraga, mengurangi kortisol atau stres, dan pola makan gizi seimbang.

“Nggak hanya karbohidrat tapi protein, mineral juga harus dikonsumsi. Lalu kontrol stres dan istirahat yang cukup. Dengan istirahat dapat menggantikan semua sistem yang tadinya udah terpakai dan harus diganti. Kalau mau konsumsi suplemen juga boleh,” pungkasnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut