get app
inews
Aa Read Next : Pemilihan Ketua Kadin Kota Cilegon Resmi Ditunda Setelah Pilkada Serentak 2024

Pemerintah Kelurahan Pabean Cilegon Gelar Lomba Pagelaran Seni Budaya Lokal

Rabu, 27 Desember 2023 | 19:30 WIB
header img
Pemerintah Kelurahan Pabean Cilegon Gelar Lomba Pagelaran Seni Budaya Lokal (foto istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Pemerintah Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon mengadakan pagelaran seni budaya se-Kelurahan Pabean, kegiatan tersebut bertempat di Balai Budaya didepan Kantor Kelurahan Pabean, Rabu (27/12/2023).

Dalam rangka melestarikan budaya lokal seperti permainan tradisional dan seni budaya. Adapun permainan tradisional mencangkup layangan, gobak sodor, gelatik, kelereng, dampuan, hadroh, enggrang, congklak, templek, loncat karet, kuwuk, petak umpet, dan lainnya.

Sedangkan, untuk seni budaya, adalah qasidah, marawis, rudat, bendrong lesung, hadroh, shalawatan,dzikir maulid, dalailan, marhabanan, memace atau sedekah hasil panen dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan menyampaikan support-nya kepada Kelurahan Pabean yang berupaya menjaga dan melestarikan budaya lokal yang dikemas dalam pagelaran budaya.

"Ini sangat bagus dilakukan, kelurahan lain juga bisa melakukan yang sama untuk menghidupkan budaya-budaya tradisi yang sudah lama ditinggalkan ini ditumbuh kembangkan lagi oleh generasi penerus dengan melestarikan budaya lokal di wilayah itu sendiri," Ucap Helldy.

Masih ditempat yang sama Lurah Pabean Nurul Hadiyati mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari SK (Surat Keputusan) Wali Kota Cilegon Nomor 140/Kep.281-Dindik/2022 Tentang Penetapan Kelurahan Pabean menjadi Desa Budaya.

"Alhamdulillah Balai Budaya sudah terbangun, untuk perdana atau pemanasan kita gelar pagelaran seni dan budaya yang diisi dengan berbagai perlombaan tradisional," kata Nurul.

 


(Helldy Agustian Wali Kota Cilegon bersama masyarakat Kelurahan Pabean)

 

Dari lima RW yang ada di Kelurahan Pabean, kata Nurul, semua sangat antusias mengikuti sejumlah perlombaan tradisional baik ibu-ibu maupun anak-anak.

"Sengaja kita gelar di libur sekolah bagaimana mengurangi penggunaan main gadget dengan menyelenggarakan permainan tradisional seperti enggrang, dampuan dan lain sebagainya. Jadi bukan hanya melestarikan budaya saja tetapi bisa juga mengurangi penggunaan gadget yang dilakukan anak-anak," Ungkapnya.

Untuk itu, penting sekali dilakukan kegiatan ini ditambah di Kelurahan Pabean sudah banyak yang melakukan budaya tradisional tersebut.

"Makanya kami ingin seni dan budaya ini diwariskan turun temurun jadi bukan hanya kaum tua saja, kaum muda atau kaum anak-anaknya juga mencintai seni dan budaya yang mana sudah diwariskan oleh leluhur sampai anak cucu," Tutupnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut