get app
inews
Aa Read Next : Hobi Minum Kopi 2-3 Gelas Sehari, Dokter Ungkap Hal Ini Bisa Terjadi 

Kelurahan Pabean Melalui Dindikbud Cilegon Adakan Pelatihan Seni Desa Budaya Bandrong dan Marawis

Selasa, 21 Mei 2024 | 19:47 WIB
header img
Pemerintah Kelurahan Pabean Melalui Dindikbud Kota Cilegon Adakan Pelatihan Seni Desa Budaya Bandrong dan Marawis (foto istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Berdasarkan Keputusan Wali Kota Cilegon Nomor 140/Kep.281-Dindik, tentang penetapan Kelurahan Pabean sebagai Desa Budaya hingga saat ini terus mendapatkan pembinaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon.

Dalam kegiatan Pelatihan Seni Desa Budaya tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bidang Kebudayaan Evawarni didampingi Lurah Pabean Ahmad Buhori dan Pengurus Kelompok Kebudayaan Kelurahan Pabean, acara tersebut bertempat di Aula Kelurahan Pabean Kecamatan Purwakarta.

"Dengan adanya program dari Dinas Pendidikan Kota Cilegon, untuk melakukan kegiatan pembinaan kesenian terhadap warga kami, tentunya kami sangat mendukung dengan program tersebut," ucap Ahmad Buhori Lurah Pabean saat diwawancarai wartawan, Selasa (21/05/2024).

"Karena masih banyak sekali kesenian dan kebudayaan dilingkungan Kelurahan Pabean yang harus kita gali dan lestarikan agar tidak hilang dari aktivitas kehidupan masyarakat, dan kami juga menyediakan mengucapkan terimakasih kepada Dindikbud yang sudah melakukan Pembinaan," ungkapnya.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Dindikbud Kota Cilegon Evawarni mengatakan, Kegiatan Pelatihan Seni Desa Budaya di Kelurahan Pabean tersebut kita laksanakan dan kita buka sampai bulan Desember 2024 mendatang.

"Adapun untuk jadwal pelatihan dilaksanakan seminggu sekali yang dipusatkan di Pendopo Budaya Keluarga Pabean yang pesertanya merupakan group dari Masing-masing lingkungan yang ada di Kelurahan Pabean, pelatihan yang dilaksanakan yakni Kesenian Bendrong Lesung, dan Seni Marawis," imbuhnya.

Lebih lanjut Eva menjelaskan, untuk pelatihan seni kita akan fokuskan pada Kesenian Bendrong Lesung untuk para Emak-emak dan Marawis untuk para Anak-anak muda, saya berharap untuk kedepan tidak hanya Bendrong Lesung dan Marawis saja.

"Karena kesenian lainnya pun akan terus kita laksanakan dalam rangka menggali dan mengembangkan serta melestarikan kesenian, kebudayaan yang ada dilingkungan Kelurahan Pabean," tutupnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut