get app
inews
Aa Read Next : Kondisi H-4 Angkutan Lebararan di Pelabuhan Pelindo Regional 2 Banten Ciwandan Masih Aman Kondusif

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi, Tegaskan Pemudik jangan Cemas Jika Tiket Kapalnya Hangus

Minggu, 14 April 2024 | 20:05 WIB
header img
Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi, Tegaskan Pemudik jangan Cemas Jika Tiket Kapalnya Hangus (foto istimewa)

BAKAUHENI, iNewsBanten- Puncak arus balik lebaran, PT ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan) menghimbau dan jangan khawatir, kepada para pemudik, tiket akan hangus tidak berlaku jika pengguna tiket tiba di Pelabuhan dalam waktu 24 jam, Minggu (14/04/2024).

Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi menyebut pihaknya menghapus pemberlakuan tiket kedaluwarsa bagi kendaraan penumpang golongan II dan IVA sampai dengan 24 jam sejak waktu masuk pelabuhan. Kebijakan ini berlaku saat periode arus balik Lebaran pada 11 hingga 21 April 2024.

"Sudah tidak ada lagi tiket hangus selama momen arus balik, selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu check in yang tertera di tiket. Karena itu, kami minta agar masyarakat yang akan melakukan perjalanan kembali, pastikan sudah memiliki tiket maksimal H-1 sebelum keberangkatan," kata Ira di Pelabuhan Bakauheni.

Dia juga mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk melakukan pembelian tiket online secara mandiri dengan pengisian data manifest secara lengkap dan tepat agar tercipta keamanan, kenyamanan, dan keselamatan dalam perjalanan.

Selain menghapus pemberlakuan kedaluwarsa tiket, ada sejumlah langkah yang diambil oleh pemerintah dan juga stakeholder dalam memitigasi antrean kendaraan di momen arus balik mudik 2024. Salah satunya rekayasa pengoperasian kapal.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, pemerintah telah melakukan improvement berupa penambahan jumlah trip kapal yang beroperasi dari 131 menjadi 146 trip. Selain itu juga disediakan war room, di mana di lokasi tersebut semua stakeholder hadir.

“Lalu beberapa yang kita lakukan di sini, kita memiliki war room, di situ semua stakeholder hadir, dan semua satu kata dengan ada satu screen yang menunjukkan narasi keberangkatan dari kapal, sehingga apabila kapal melampaui 45 menit dia harus jalan, sebaliknya SPB juga harus dilaksanakan kurang dari 5 menit, sehingga tidak ada delay-delay yang berarti,” tutupnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut