get app
inews
Aa Read Next : PT. PLN Indonesia Power UBP Cilegon Salurkan Bantuan Mesin Pencacah Sampah, Di Desa Argawana

PT. PLN Indonesia Power UBP Cilegon Berbagi Pengetahuan ke Masyarakat Desa Binaan

Selasa, 30 Juli 2024 | 18:37 WIB
header img
PT. PLN Indonesia Power UBP Cilegon Berbagi Pengetahuan ke Masyarakat Desa Binaanya (Foto:List)

SERANG, iNewsBanten - Dukung Energi Terbarukan, PT PLN Indonesia Power UBP Cilegon (UBP Cilegon) mengadakan acara knowledge sharing (berbagi pengetahuan) mengenai peran serta perusahaan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan di Desa Argawana, khususnya berbagi pengetahuan tentang manfaat Solar Cell atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai penunjang program Ragap Tangan (Ranger Argawana Peduli Ketahanan Pangan) budidaya ikan nila bioflok di Desa Argawana.

Kegiatan tersebut diadakan pada hari Kamis, 25 Juli 2024 yang dihadiri oleh 41 orang yang terdiri dari Tim Managemen, Tim CSR, Tim Lingkungan UBP Cilegon, Pemerintah Desa, serta masyarakat Desa Argawana.

”Kami telah memberikan bantuan berupa infrastuktur sel surya sebagai penunjang pemenuhan kebutuhan listrik di bioflok Argawana, selanjutnya kami memberikan pengetahuan dan mengenalkan sel surya atau PLTS kepada masyarakat melalui acara ini” tutur Senior Manager UBP Cilegon Romadhoni Sigit.

Pemerintah Desa Argawana yang diwakili oleh Mahdi selaku Sekretaris Desa memberikan sambutan sekaligus mengapresiasi komitmen dan kontribusi UBP Cilegon dalam pengelolaan lingkungan di Desa Argawana melalui program pemberdayaan masyarakat.

 

 

 


Pemnangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 
 

 ”Sebagai perusahaan pemasok listrik yang andal dan berkualitas, kami juga harus berperan dalam penyebarluasan pengetahuan kepada masyarakat mengenai upaya perusahaan dalam proses transisi energi ke sumber energi terbarukan yang ramah lingkungn seperti PLTS yang dapat mengubah sinar matahari menjadi energi listrik untuk kebutuhan listrik sehari-hari di berbagai skala baik kecil maupun besar” Ucap Romadhoni Sigit.

Romadhoni Sigit menerangkan, sel surya sebagai penunjang budidaya ikan nila bioflok Argawana dan dalam acara tersebut dipaparkan pula cara kerja PLTS, jenis-jenis PLTS, dan pemeliharaan PLTS, khususnya untuk PLTS yang telah terpasang di area budidaya ikan nila bioflok Argawana.

Selain itu, disampaikan juga pemaparan program lingkungan UBP Cilegon lainnya seperti pemanfaatan limbah Non B3 logam yaitu program Pemanfaatan Timbulan sampah Logam penyaring udara (IAF) atau luftfilter sebagai tempat sampah untuk sarana penunjang Program Kampung Iklim Desa Argawana.

Sementara itu Sekretaris Desa Argawana, Mahdi mengatakan, program inovasi ini merupakan pengembangan dari program di Desa Argawana yang sudah ada sebelumnya, dimana sebelum adanya program ini limbah tersebut dimanfaatkan sebagai pot tanaman.

”Dengan adanya bantuan ini semoga pemerintah desa bersama masyarakat dapat merawat, menjaga, dan mengoptimalkan surya cell tersebut untuk mengefisiensi biaya listrik bagi program ketahahan pangan desa kami” tutup Mahdi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut