get app
inews
Aa Read Next : Pemilihan Ketua Kadin Kota Cilegon Resmi Ditunda Setelah Pilkada Serentak 2024

Dinkes Cilegon Gelar Kegiatan Jambore Kader Kesehatan Dalam Program Prioritas

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 19:33 WIB
header img

Posyandu dalam era Transformasi Pelayanan Primer menyediakan layanan bagi seluruh siklus hidup mulai dari ibu hamil, bayi, anak pra sekolah, usia sekolah, remaja, usia dewasa dan lansia. Hal ini diperkuat dengan kunjungan rumah oleh kader yang dilakukan secara terencana. Posyandu dengan layanan terintegrasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dasar kepada masyarakat.

Acara dihadiri oleh perwakilan kader se kota Cilegon sebanyak 40 Orang. Narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Cilegon yakni drg. Rully Kusumawardhany, MM yang menyampaikan tentang 25 Keterampilan Kader dan Kepala Puskesmas Jombang dr. Yanti Azis yang menyampaikan tentang Pembinaan Pelayanan Posyandu ILP.

Kader Posyandu adalah anggota masyarakat yang dipilih, bersedia, mampu dan memiliki waktu untuk mengelola kegiatan posyandu.

Upaya yang mesti dilakukan Puskesmas di era integrasi layanan primer yaitu menyediakan kader kesehatan untuk bertugas di Puskesmas Pembantu (PUSTU), dimana kader kesehatan akan melakukan kolaborasi dengan tenaga kesehatan dalam melaksanakan manajemen pelayanan prioritas dan pemantauan wilayah setempat. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di Posyandu, maka perlu dilakukan standardisasi  kompetensi dasar kader posyandu sesuai siklus hidup.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Jambore Kader Kesehatan yang disejalankan dengan sosialisasi 25 Keterampilan Kader maka diharapkan kader mendapatkan informasi terkait 25 keterampilan kader dan dapat diterapkan di Posyandu.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut