get app
inews
Aa Read Next : Pelantikan Pejabat Baru, Kakanwil Banten Dorong Integritas dan Kinerja yang Optimal

Warga Laporkan Dugaan Money Politik Bacalon Bupati-Wakil Bupati Tangerang ke Bawaslu

Jum'at, 13 September 2024 | 17:49 WIB
header img
Pelaporan dugaan money politik di Pilkada Kabupaten Tangerang.

TANGERANG, iNewsBanten - Warga Kabupaten Tangerang melaporkan dugaan money politik yang yang dilakukan oleh salah satu tim Bacalon Bupati-Wakil Tangerang, Mad Romli-Irvansyah ke Bawaslu pada Jumat, 13 September 2024.

 

Pelapor tersebut bernama Deni Umbara. Ia mengatakan pelaporan tersebut lantaran dugaan money politik atau politik yang dilakukan tim Bacalon Bupati-wakil Bupati Tangerang di Gunung Kaler pada Kamis, 12 September 2024 kemarin. 

 

"Hal itu jelas adalah praktik politik kotor. Kami tak ingin demokrasi di Kabupaten Tangerang ini hancur," kata Deni kepada wartawan usai melakukan pelaporan di Bawaslu. 

 

Dikatakan Deni, bahwa saat ini masyarakat Kabupaten Tangerang sudah melek politik. Jadi jangan sampai Kabupaten Tangerang ini di ciderai oleh politik uang.

 

"Kitai ini ingin dipimpin oleh pemerintah yang bersih. Tanpa adanya kolusi, korupsi dan nepotisme. Tidak ada TSM, seperti yang diduga dilakukan oleh bakal calon tersebut. Ingin politik bersih, untuk masyarakat Kabupaten Tangerang kedepannya," jelasnya. 

 

Menurutnya, jika kampanye saja melakukan money politik atau politik uang, bagaimana ke depannya ketika menjadi Bupati-wakil Bupati Tangerang.

 

"Masyarakat itu pasti mengikuti perilaku pemimpinnya. Jadi jika figur yang baik, kalo kepedepannya baik. Kalo sekarang bagus, kedepannya juga pasti bagus," ujarnya. 

 

Di tempat yang sama, Staf Bawaslu Kabupaten Tangerang Siti Marfuah yang menerima kedatangan Deni Umbara mengatakan, pihaknya telah menerima laporannya. 

Laporan tersebut berupa foto dan video saat tim Bacalon Bupati-Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli-Irvansyah di Kecamatan Gunung Kaler. 

 

Selanjutnya, laporan tersebut akan dikaji terlebih dahulu oleh pimpinan Bawaslu Kabupaten Tangerang. 

 

"Nanti diinformasikan selebihnya dikaji terlebih dahulu oleh pimpinan nanti di informasi kan satu hari-2 hari kedepan," pungkasnya. 

 

Sebelumnya, sebuah video viral setelah tersebar di berbagai macam platform media sosial dan aplikasi berbagi pesan. Dalam video sejumlah warga yang didominasi kaum perempuan terlihat mengantre keluar dari sebuah acara. 

 

Mereka keluar dengan membawa satu liter minyak goreng, kemudian mereka menghampiri seseorang yang tengah membagikan uang Rp 20 ribu kepada warga. 

 

Selain mendapatkan minyak goreng dan uang Rp 20 ribu, warga juga terlihat memegang stiker bergambar pasangan calon bupati dan wakil bupati Tangerang, Mad Romli - Irvansyah. 

 

Aksi bagi-bagi uang dalam video tersebut diduga terjadi di Kecamatan Gunung Kaler saat bakal calon bupati Tangerang, Mad Romli melakukan kunjungan. 

 

Saat dikonfirmasi, Bacalon wakil Bupati Tangerang Irvansyah mengaku tidak mengetahui siapa yang membagikan uang tersebut. "Saya gak tau itu siapa yang bagikan, saya di informasikan gak ada tim kampanye (disana)," singkatnya. 

 

Sementara itu, Bacalon Bupati Tangerang Mad Romli sampai saat ini belum menjawab.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut