get app
inews
Aa Read Next : Demo Mahasiswa di Depan Kantor Bupati Tangerang Ricuh, Satu Orang Terkapar

Peringati HUT ke-33 Perumda Paljaya, Fokus Peningkatan Kesadaran Sanitasi Ideal

Kamis, 26 September 2024 | 18:54 WIB
header img
Salah satu rangkaian acara edukasi pengolahan air limbah yang diikutsertakan puluhan siswa-siswi SDN Meruya 03 Jakarta Barat. Kamis (26/9) 2024.

JAKARTA, iNewsBanten - Perumda Paljaya menggelar workshop tentang pengelolaan air limbah dalam memperingati ulang tahun ke 33 Perumda Paljaya. Workshop ini digelar mengangkat tema ‘Paljaya Menyapa Jakarta untuk Sanitasi Aman’ ini,  yang berupaya mengkampanyekan kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaan air limbah domestik.

Pada perencanaanya, kegiatan ini dilaksanakan selama sepekan dan puncak acaranya tepat pada tanggal 29 September 2024 di Ancol, Jakarta Utara. Selain itu, kegiatan ini dilaksankan di lima titik se-DKI Jakarta yakni di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat. 

Hari ini salah satu titik rangkaian kegiatan workshop dilaksanakan di SDN Meruya 03 Jakarta Barat, sekolah ini sudah menjadi rekomendasi Pejabat Walikota sebagai salah satu titik lokasi workshop praktek penyedotan air limbah yang langsung dimentori oleh tenaga profesional dari Perumda Paljaya.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Direktur Utama Perumda Paljaya Asri Indiyani bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran civitas sekolah sejak dini tentang pentingnya pengelolaan air limbah domestik yang tepat, serta dampaknya terhadap kesehatan terutama bagi siswa-siswi dan di lingkungan rumahnya.

“Melalui edukasi interaktif ini, siswa-siswi diajak memahami pentingnya pengelolaan air limbah dan juga memperkenalkan adanya penyedotan tangki septik maupun Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik (IPALD) resmi, terpercaya dan profesional yang dikelola Paljaya,” ungkap Asri pada acara tersebut, Kamis (26/9) 2024.

Selanjutnya, Asri menjelaskan target semua rumah tangga di Jakarta bisa teredukasi dan tersosialisasikan agar punya standar aman dan bisa dicek secara berkala.

"Diharapkan melalui kegiatan ini warga Jakarta lebih aware akan pentingnya pengolahan air limbah, minimal tahu bahwa tangki septik harus disedot secara berkala minimal tiga tahun sekali bukan tunggu meluap atau mampet dulu,” sambung Asri.


 

Diketahui, rangkaian kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Perumda Paljaya dengan Pemprov DKI Jakarta, IUWASH Tangguh, PT. Transportasi Jakarta dan PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk.

“Semoga layanan kami makin menjangkau seluruh pelosok Jakarta dan warga dapat memperoleh manfaat nyata dari layanan kami,  utamanya penyedotan tangki septik dan pengolahan air limbah dengan sistem perpipaan yang Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) terpusat untuk perwujudan Sanitasi Aman untuk Jakarta Global City,” tutup Asri.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut