Diintai Kecelakaan-Macet Panjang Buntut Pelebaran Jalan Bouraq
Keluhan juga disampaikan oleh Samsul, pengendara grab motor yang setiap hari melintasi jalur tersebut.
“Seharusnya jika ada proyek perbaikan jalan, ada rekayasa lalu lintas sementara atau minimal pengaturan arus. Ini sama sekali tidak ada. Kami para pengguna jalan dibiarkan menghadapi risiko di lapangan tanpa perlindungan apa pun,” katanya.
Seharusnya Secara prinsip, setiap pekerjaan konstruksi jalan dan tahap pasca-proyek wajib memenuhi standar manajemen keselamatan lalu lintas sesuai dengan ketentuan teknis yang berlaku, termasuk prinsip Traffic Management Plan (TMP) dan road safety audit pasca proyek.
Ketiadaan mekanisme pengamanan di Jalan Bouraq menunjukkan kegagalan perencanaan integratif, di mana aspek keselamatan pengguna jalan seolah diabaikan setelah pekerjaan fisik selesai dan ditambah proyek yang baru.
Editor : Mahesa Apriandi