get app
inews
Aa Read Next : Mengenal 4 Tipe dan Bahaya Penyakit Antraks! Yang Sempat Viral Penyebarannya di Gunung Kidul

Menjelang Idul Adha Puluhan Sapi Terjangkit PMK,Peternak Sapi Terancam Merugi

Senin, 30 Mei 2022 | 07:53 WIB
header img
Menjelang Idul Adha,Banyak Sapi Terjangkit PMK (doc Istimewa)

LAHAT, iNewsBanten.id - Puluhan ekor sapi milik warga di Desa Geramat, Mulak Ulu, Kabupaten Lahat, Sumsel diduga terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Dari mulutnya mengeluarkan liur, tidak nafsu makan dan kuku borok.

Sepekan terakhir sudah puluhan sapi yang terlihat dengan gejala serupa. Kondisi ini membuat warga khawatir karena terancam merugi jelang Idul Adha.

Salah seorang peternak, Ahlan (53) berharap pemerintah melalui dinas terkait melakukan upaya pengobatan agar tidak semakin banyak sapi yang terjangkit PMK.

"Di desa kita ini sudah hampir 50 ekor yang terkena sakit, kami khawatir bila tidak ditanggulangi secepatnya akan ratusan ekor akan tertular," katanya, Minggu (29/5/2022).  Camat Mulak Ulu Elsye Hartuti membenarkan banyak sapi di Desa Geramat yang terkena penyakit dengan ciri-ciri menyerupai PMK.  

"Kami akan data dulu, karena sampai saat ini belum ada laporan dari pihak penyuluh maupun pihak desa, namun kejadian itu memang ada tapi belum bisa dipastikan apakah benar PMK atau penyakit lain," katanya. 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut