Ngeri! Ini Modus Truk Zombie Penghisap Solar Bersubsidi

Muhammad rizky Fauzan
Tangki truk itu dimodifikasi dari yang tadinya hanya cukup 100 liter bisa menjadi 200 - 300 liter. Kemudian mereka ngantri beli BBM subsidi dan dijual lagi dengan margin yang lebih tinggi.(ist)

SERANG, iNewsBanten - DPR RI mengungkap banyak penyelewengan konsumsi BBM subsidi jenis solar. Komisi VII DPR RI mengungkapkan ada truk zombie penghisap BBM subsidi yang dijual kepada masyarakat tidak sesuai dengan harga yang dijual di SPBU.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman mengungkapkan bahwa di lapangan terdapat oknum yang menyelewengkan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi khususnya Solar subsidi. Terdapat orang yang memanfaatkan jarak antara harga Solar subsidi yang saat ini Rp5.150 per liter dengan Solar untuk industri yang mencapai Rp19.000-an per liter.

Maman membeberkan modus baru penyelewengan konsumsi BBM khususnya solar bersubsidi. Fakta tersebut ditemukannya saat masa reses sebelumnya ketika mengunjungi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, serta mengecek beberapa jaringan BBM di Sumatera, Jawa, dan sebagian Sulawesi.

"Dasar penyelewengan BBM Solar subsidi tersebut melalui antrian-antrian truk-truk di daerah yang sedang melakukan antrian berjamaah. Padahal modusnya adalah membeli Solar Subsidi untuk dijual dengan harga yang lebih tinggi ke masyarakat seperti nelayan dan pabrik-pabrik di pelosok," kata Maman dalam Raker bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif, ditulis Kamis (25/8/2022).

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network