Sudah Musim Kemarau, Tapi Kenapa di Sebagian Wilayah Masih Terjadi Hujan?

Binti Mufarida
Musim kemarau (ist)

SERANG, iNewsBanten - Sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki periode musim kemarau. Namun, di beberapa wilayah masih terjadi ada hujan dengan intensitas ringan hingga sedang bahkan lebat yang terjadi di periode musim kemarau ini. Mengapa masih ada hujan di periode musim kemarau?

Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Fachri Radjab mengatakan hujan di periode musim kemarau lazim terjadi di negara tropis seperti Indonesia.

“Untuk wilayah tropis berbentuk kepulauan seperti Indonesia, hujan di periode musim kemarau itu adalah suatu hal yang lazim terjadi,” kata Fachri dikutip dari keterangan resminya, Sabtu (3/9/2022).

Selain itu, kata Fachri, hujan di musim kemarau yang masih terjadi di Indonesia hingga saat ini karena adanya dinamika atmosfer yang kompleks ditambah dengan kenaikan suhu muka laut yang titik temunya ada di Indonesia.

“Ditambah lagi dengan begitu kompleksnya dinamika atmosfer baik itu dalam skala regional, global maupun lokal," ujarnya. 

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network