Harga BBM Mau Naik, Ini 6 Trik Jitu Menghemat Bahan Bakar Mobil Matic

Tangguh Yudha
Ilustrasi mobil matic (Sidomi)

SERANG, iNewsBanten - Pengguna mobil matic makin diminati terutama di perkotaan. Mobil matic dianggap lebih praktis saat berkendara karena tak perlu sibuk-sibuk harus menekan kopling dan memindahkan gigi setiap saat. Tapi, mobil matic dianggap lebih boros bahan bakar dibandingkan mobil manual.

Nah bagi Anda pengguna mobil matic, penting untuk mengetahui trik jitu menghema BBM sebagai berikut.

1. Matikan mesin kalau berhenti lama

Seperti diketahui bersama, ketika mesin mobil menyala maka bensin akan terus tersedot. Untuk itu, matikan mesin ketika tengah berhenti lama misalnya dalam waktu 15 hingga 30 menit. Lebih baik bensin digunakan untuk mobil melaju.

2. Gigi netral ketika berhenti sebentar

Ketika berhenti sebentar pastikan posisi gigi di netral. Hal ini dikarenakan ketika mobil masuk ke gigi 1 maka mobil masih memiliki daya dorong yang tentu membuat bensin juga termakan. Jadi lakukan hal ini agar bensin tetap irit.

3. Konsisten memainkan gas

Asal memainkan gas tentu dapat menghabiskan banyak bahan bakar. Untuk itu menginjak gas perlu dilakukan dengan benar. Selalu injak pedal gas secara bertahap dan jangan terburu-buru agar konsumsi bensin jadi lebih irit.

4. Gunakan AC seperlunya

Saat AC menyala, kompresor bakal bergerak dan menjadi beban bagi mesin mobil. Untuk itu atur AC hingga penggunaan minimal. Khususnya jika berada di jalan menanjak, sebaiknya nyalakan AC mobil setengah atau seperempat saja.

5. Hindari myatan berlebih

Banyak tidaknya muatan kendaraan besar pengaruhnya terhadap penggunaan bahan bakar mobil. Ketika mobil kelebihan muatan maka sudah tentu mesin akan bekerja sangat keras yang otomatis memakan bahan bakar lebih banyak.

6. Rutin service berkala

Jika ingin mesin kendaraan lebih awet dan irit maka mobil perlu dicek secara rutin baik itu dalam servis rutin. Salah satunya yang perlu dilakukan adalah melakukan penggantian oli supaya putaran mesin jadi lebih baik dan stabil.
 

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network