Jika Ingin Datang Bulan Anda Lancar, Ini Resepnya

Acep Muslim
Jika Ingin Datang Bulan Anda Lancar, Ini Resepnya (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBanten - Buah-buahan ini ternyata makanan yang bisa membantu agar haid lancar. Makanan-makanan ini bisa Anda konsumsi sebelum Anda menstruasi.

Memang, asupan makanan bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Misalnya, bila Anda salah makan, hal itu bisa saja mengganggu siklus menstruasi Anda. 

Menurut Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Kate Shkodzik, ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi selama haid bisa meredakan pembengkakan, perut kembung, perubahan suasana hati, dan banyak manfaat lainnya.

"Mengubah pola makan Anda dapat memengaruhi kelancaran haid. Makan makanan yang bergizi tinggi dapat mencegah gejala sindrom pramenstruasi (PMS) yang tidak nyaman," kata dr Kate.

Lantas, apa saja sih makanan agar haid lancar? Berikut daftarnya seperti dirangkum pada Rabu (23/11/2022).

1. Ikan salmon

Makanan agar haid lancar di urutan pertama, ada ikan salmon. Ikan satu ini kaya akan asam lemak Omega-3, juga antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi. Kandungan-kandungan tersebut, dapat membantu meredakan kram di perut selama haid.

2. Dark chocolate 

Makanan agar haid lancar di urutan selanjutnya, ada dark chocolate. Makanan ini tinggi antioksidan dan magnesium yang baik untuk tubuh selama haid berlangsung. 

Konsumsi dark chocolate juga bisa membuat suasana hati Anda lebih baik dan pada akhirnya ada sensasi nyaman di tubuh meski sedang haid.

3. Oat

Oat kaya akan kalsium dan vitamin A dan B, juga sumber zat besi yang bagus. Satu cangkir oat mengandung 14 dari 18 miligram zat besi yang direkomendasikan setiap hari.

Satu studi menunjukkan, asupan oat mengandung zat besi tinggi yang bisa meringankan masalah PMS. Oatmeal juga pilihan yang tepat jika perut sangat sakit selama haid.

4. Semangka

Makanan agar haid lancar lainnya adalah buah semangka. Gula alami yang terkandung di dalam buah ini dapat memuaskan hasrat Anda. 

Selain itu, semangka juga dipercaya dapat mencegah perut kembung yang kerap terjadi selama haid. Dengan kandungan air yang tinggi, artinya Anda pun bisa menghidrasi tubuh secara optimal.

5. Jeruk

Makanan agar haid lancar selanjutnya, ada jeruk. Serat dan vitamin C yang tinggi di buah ini dapat meredakan perubahan suasana hati dan perut kembung. Jeruk juga dipercaya sebagai anti-mual yang tentunya sangat baik dimakan saat haid.

6. Telur

Makanan agar haid lancar berikutnya, yakni telur. Mengandung zat besi, vitamin B, asam lemak esensial, dan protein, kuning telur sangat baik untuk PMS. Namun, jika perut Anda sensitif, hindari telur rebus yang dapat menghasilkan gas, dan pada akhirnya bikin perut kembung dan mulas.

7. Teh Chamomile

Teh ini sangat baik dikonsumsi di kala haid. Chamomile dapat menenangkan hati dan membantu mengendurkan saraf dan rahim Anda. Sebab itu, sensasi kram bisa diatasi, yang pada akhirnya Anda minim stres dan cemas selama haid.

Nah, itu dia tujuh makanan agar haid lancar. Tidak ada salahnya untuk mencoba, tapi tentu disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda, ya!

Artikel ini pernah tayang di iNews id. 

https://www.inews.id/channel/Health/7-makanan-agar-haid-lancar-nomor-5-bisa-tingkatkan-suasana-hati

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network