get app
inews
Aa Read Next : Bolehkah Sholat Tahajud Dilakukan Berjamaah?

Gerhana Bulan Adalah Tanda-tanda Kiamat Kecil, Dalam Islam

Selasa, 08 November 2022 | 07:48 WIB
header img
Gerhana Bulan Adalah Tanda-tanda Kiamat Kecil, Dalam Islam (foto Ilustrasi, -)

JAKARTA, iNewsBanten - Didalam Islam banyak hikmah tentang gerhana bulan, yang kita bisa dipetik dan direnungkan. Dalam ajaran Islam, gerhana bulan total maupun sebagian merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah SWT yang mengatur alam raya dan peredaran bulan serta matahari sedemikian rapi dan teraturnya. 

Hal ini disebutkan dalam Al Quran, Surat Fushilat ayat 37. Allah SWT berfirman

وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Artinya: Dan dari sebagian tanda-tanda-Nya adalah adanya malam dan siang serta adanya matahari dan bulan. Janganlah kamu sujud kepada matahari atau bulan tetapi sujudlah kepada Allah Yang Menciptakan keduanya. (QS. Fushshilat : 37).

Islam juga menekankan bahwa gerhana bulan maupun matahari tidak ada kaitannya dengan kematian maupun kelahiran seseorang, termasuk tanda kesialan di dalamnya. 

Nabi SAW bersabda:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حَتَّى يَنْجَلِيَ

Artinya: Sesungguhnya matahari dan bulan adalah sebuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Keduanya tidak menjadi gerhana disebabkan kematian seseorang atau kelahirannya. Bila kalian mendapati gerhana, maka lakukanlah shalat dan berdoalah hingga selesai fenomena itu. (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad).

Sebaliknya, gerhana bulan harus disikapi dengan banyak melakukan amalan saleh. 

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melakukan amalan seperti shalat gerhana, banyak berdoa, berdzikir dan membaca istighfar, serta sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya. 

فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Artinya: Apabila kamu menyaksikannya maka berdoalah kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah. (HR. Bukhari dan Muslim).

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut